Sukses

Lifestyle

Tips Produktif saat Puasa, Tetap Perform di Tempat Kerja!

Fimela.com, Jakarta Ramadan telah tiba. Bagi umat muslim, momen ramadan adalah waktu yang dinanti. Saat penuh suka cita  menyambut bulan suci Ramadan. Artinya, selama sebulan penuh, umat muslim akan melakukan ibadah puasa.

Ramadan sendiri merupakan kesempatan yang bagus untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Ramadan juga bisa menjadi momen untuk meninggalkan kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Masalahnya, saat berpuasa seringnya tubuh mengkonsumsi ‘bahan bakar’ energi lebih jarang dari biasanya. Dalam kondisi demikian, bagaimana agar Sahabat Fimela dapat tetap produktif, sehat, bahkan bisa perform di kantor? Tak perlu khawatir, ikuti tips berikut, yuk agar puasamu berjalan dengan baik.

Konsumsi Makanan Sehat Saat Sahur dan Berbuka

Dehidrasi merupakan salah satu masalah utama yang membuat Sahabat Fimela barangkali tidak bisa fokus di kantor. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu kamu agar tetap terhidrasi. 

Konsumsilah kacang-kacangan karena mengandung Omega 3 yang tinggi dan penting untuk fungsi kognitif otak. Penelitian bahkan menyatakan bahwa makan kacang-kacangan dapat meningkatkan mood kamu. Selain kacang, kamu juga bisa memakan makan buah-buahan seperti apel, blueberry, ceri, pir, jeruk, dan melon.

Tambahkan juga ikan ke dalam menu makananmu. Ikan seperti Salmon dan Tuna memiliki asam lemak omega 3 dan DHA, yang akan membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu.

Menghentikan Habit yang Tidak Sehat

Banyak orang memanfaatkan bulan puasa untuk mendetoksifikasi diri dari kebiasaan tidak sehat. Contohnya adalah mengurangi konsumsi kafein dan rokok.

Sebetulnya, kamu tidak harus berhenti total. Kafein sendiri masih diperbolehkan untuk dikonsumsi, dengan catatan dalam jumlah sajian yang wajar. Kamu bisa mengganti kopi dengan minuman lain dengan kadar kafein di bawah kopi, seperti teh hijau atau teh coklat hitam.

Kamu juga bisa memanfaatkan bulan Ramadhan untuk berhenti merokok, lho. Dalam hal ini, momen puasa merupakan salah satu peluang sempurna karena kamu tidak boleh merokok sepanjang hari.

Buat To-Do-List Berdasarkan Prioritas

Jangan berangkat kerja tanpa mengetahui dan merencanakan apa daja yang akan kamu kerjakan begitu sampai di kantor. Dengan membuat to-do-list kerja, kamu bisa langsung ‘sat-set’ dalam menyelesaikan beban kantormu.

Caranya, aturlah tugas kamu berdasarkan prioritasnya. Mulailah menggarap pekerjaan dari yang paling penting, sebab kamu harus memiliki energi ekstra dalam menyelesaikannya. Di samping itu, buatlah jadwal dan target waktu agar kamu tidak berleha-leha saat mengerjakannya.

 

Jangan Multitasking

Selanjutnya, di satu waktu, cobalah fokus pada satu hal saja. Sebab, tak jarang multitasking malah membuatmu ‘kecolongan’ detail penting saat menyelesaikan pekerjaan. Saat melakukan lebih dari satu tugas sekaligus, kamu berpotensi bisa mengacaukan keduanya. Mengapa demikian? Sebab, multitasking bisa ‘membagi fokusmu’ pada dua hal yang berbeda sehingga proses pengerjaannya tidak maksimal.

Solusinya, kerjakanlah satu tugas pada satu waktu agar kamu bisa memberikan cukup waktu untuk menyelesaikannya tanpa membuat kesalahan karena kekurangan fokus.

Sahabat Fimela, itulah tadi 4 tips agar produktif saat puasa. Intinya, kamu harus memperhatikan apa yang dikonsumsi selama bulan puasa dan mengurangi kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan. Semoga tips di atas dapat membantumu untuk tetap produktif walau puasa dan bekerja seharian, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading