Sukses

Lifestyle

4 Tips Semangat Belajar bukan Hanya saat Ujian Saja

Fimela.com, Jakarta Menurunnya semangat belajar merupakan suatu hal yang lumrah. Namun, tidak baik jika kamu membiarkan hal ini terjadi terlalu lama. Semangat belajar yang menurun tentu akan berpengaruh terhadap nilai dan prestasi akademikmu. Sahabat Fimela tentu tak ingin penilaianmu berakhir merah semua, bukan?

Agar tidak kebablasan, pastikan kamu menyiasati agar kamu tetap semangat belajar. Yuk, intip tips tetap semangat belajar bukan hanya saat ujian saja, tapi setiap saat. Menariknya tips berikut direkomendasikan langsung oleh Universitas Teknokrat, lho! Cek penjelasannya di bawah ini.

Buat Jadwal Belajar yang Disiplin

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan semangat belajar adalah dengan menentukan jadwal dan durasi belajar. Misalnya, pada hari Senin, kamu akan belajar bahasa Indonesia selama satu jam pada pukul 15.00–16.00 dan Matematika selama satu jam pada pukul 16.30–17.30. 

Bila perlu, tentukan juga materi yang akan dipelajari dalam satu waktu. Setelah itu, usahakan disiplin pada jadwal yang sudah kamu buat. Jangan ragu untuk menentukan jadwal dan durasi belajar sesuai kemampuan kamu.

Mencari Gaya Belajar yang Cocok

Setiap orang mempunyai gaya belajarnya masing-masing. Ada yang belajar sambil mencoret-coret buku atau ada yang sambil mendengarkan musik. 

Menerapkan gaya belajar yang disukai akan membuat materi pelajaran lebih mudah dipahami dan meningkatkan semangat belajar. Terkadang kamu juga bisa menggabungkan beberapa gaya belajar agar tidak mudah bosan.

Beristirahat Secara Teratur

Pikiran dan tubuh perlu istirahat secara teratur lho. Jadi, di sela-sela belajar, tak ada salahnya kita rehat sejenak dengan membuka media sosial atau membaca komik favorit.

Namun, jangan lupa batasi durasinya. Kalah tidak, bisa-bisa waktu istirahatmu lebih lama dari waktu belajar. Idealnya istirahat dilakukan selama 5–10 menit, setelah belajar kurang lebih 2–3 jam.

Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Meski terlihat sederhana, namun menciptakan suasana belajar juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar. Cara menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi setiap orang bisa berbeda-beda.

Umumnya, suasana belajar yang nyaman dapat diciptakan dengan aktivitas sederhana, seperti membersihkan meja belajar dari segala barang yang tidak mendukung proses pembelajaran. Selain itu, bila perlu, kamu juga bisa menggunakan alat pelembab udara atau air humidifier untuk membuat udara ruangan menjadi lebih segar.

Sahabat Fimela, itulah tadi penjelasan tentang tips semangat belajar yang direkomendasikan oleh Universitas Teknokrat. Mudah-mudahan, tips dalam artikel ini bisa membantumu menemukan semangat belajar kembali, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading