Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Belajar Sambil Mendengarkan Musik, Salah Satunya Bisa Mengurangi Stres!

Fimela.com, Jakarta Musik adalah sesuatu yang menakjubkan dalam hidup, meskipun setiap orang memiliki selera dan preferensi yang berbeda terhadap apa yang ingin didengarkan. Tidak dapat disangkal bahwa kita semua suka mendengarkan musik karena beberapa alasan. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi mendengarkan musik dapat membuat kita lebih efektif dalam menyerap informasi yang ingin dipelajari.

Dalam beberapa tahun terakhir, musik disebut-sebut memiliki manfaat tertentu untuk aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan, termasuk belajar atau bahkan mempersiapkan ujian. Selain itu, lantunan dan irama musik mampu mengurangi rasa stres sehingga merelaksasikan pikiran.

Bagi Sahabat Fimela yang suka mendengarkan musik saat belajar, inilah 5 manfaatnya yang harus kamu tahu. Pasang headphonemu dan temukan manfaatnya!

1. Membantu konsentrasi

Musik meningkatkan konsentrasi pada proses pembelajaran, apalagi jika Sahabat Fimela memakai headphone. Ini akan membantu untuk mengabstraksi dari lingkungan dan tidak terganggu oleh kebisingan asing. Hal ini terutama berlaku pada seseorang yang perlu bekerja di luar ruangan atau di lingkungan yang bising.

Baiknya, Sahabat Fimela memilih musik instrumental dengan melodi utama yang berulang. Kecepatan lambat dan sampel suara yang menyenangkan akan membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan lebih produktif.  Meski gaya musik tergantung pada preferensi pribadi seseorang, bisa berupa komposisi klasik, musik rock, rap, dan variasi lainnya.

2. Menghilangkan rasa bosan

Musik akan membantu Sahabat Fimela mengalihkan perhatian dari proses yang kompleks dan mendapatkan sedikit ketenangan dari musik favorit untuk mengabstraksi materi pembelajaran yang kompleks.

Ada baiknya untuk mendapatkan sedikit suasana hati yang positif dan dapat melanjutkan pembelajaran yang sulit. Ini akan membantu seseorang menghemat waktu dan tidak menyia-nyiakannya.

3. Merangsang otak

Ketika Sahabat Fimela diharuskan mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) yang kompleks dan terstruktur, tentu membutuhkan banyak usaha. Otak dapat fokus sebentar pada tugas ini, namun perlu dirangsang. Dengan melodi yang menarik dan pola ritme yang berbeda dalam musik, akan merangsang bagian-bagian otak. Proses ini juga memiliki manfaat seperti berikut:

1) Kemampuan untuk mendengarkan pekerjaan monoton jangka panjang;

2) Keinginan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sulit;

3) Motivasi untuk mempelajari topik yang dipilih dalam jangka panjang; dan

4) Peningkatan suasana hati secara umum.

4. Meningkatkan motivasi

Motivasi adalah alat utama untuk meningkatkan prestasi dalam pendidikan. Musik yang dinikmati dapat membantu sepanjang prosesnya. Dengan pola musik yang berbeda dapat mengaktifkan area tertentu di belahan otak dan berkontribusi pada keterlibat seseorang dapat proses tersebut.

Hal ini sebagian karena otak menganggap musik sebagai proses yang positif dan bermanfaat. Sahabat Fimela bisa menyamarkan proses penyusunan esai atau Pekerjaan Rumah (PR) sembari mendengarkan lagu. Secara teknis, kamu akan tahu ini adalah sebuah tipuan, tetapi otak tidak akan menyadarinya. Alhasil, Sahabat Fimela akan mendapat tambahan motivasi untuk terus belajar.

5. Mengurangi stres

Masalah pemahaman materi pembelajaran di sekolah atau perguruan tinggi dapat meningkatkan kadar stres. Hasilnya, seseorang bisa mendapat nilai yang cukup rendah. Musik menjadi salah satu solusi dari permasalahan ini.

Sahabat Fimela tidak perlu mendengarkan musik sembari menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR). Cukup menghabiskan 15-20 menit dengan tenang mendengarkan musik yang menyenangkan. Tingkat endorfin dalam darah akan meningkat dan kamu dapat melanjutkan pekerjaan.

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading