Sukses

Lifestyle

Tips Mudik Lebaran, 9 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Perjalanan yang Aman dan Nyaman

Fimela.com, Jakarta Mudik adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, tetapi packing seringkali menjadi masalah tersendiri. Untuk mempermudah proses packing mudik, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan. 

Persiapan barang-barang yang akan dibawa saat mudik adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan sejak jauh hari sebelum berangkat ke kampung halaman. Ada beberapa barang yang harus masuk dalam daftar tersebut saat mudik.

Selain barang-barang yang harus dibawa, penting juga untuk memperhatikan jumlah barang yang dibawa. Bawa barang-barang yang memang dibutuhkan dan jangan membawa barang yang tidak perlu. Hal ini akan membuat perjalanan mudik menjadi lebih praktis dan tidak merepotkan. Ini dia beberpa tips mudik agar lebih mudah dan nyaman:

1. Membuat Checklist Barang Bawaan

Buatlah checklist barang yang perlu kamu bawa. Dengan begitu, kamu tidak akan tergoda untuk membawa barang yang tidak berguna. Checklist juga akan mempermudah untuk mengecek kembali barang sebelum berangkat, sehingga tidak akan khawatir ada yang tertinggal.

2. Pilih Tas atau Koper Sesuai Kapasitas

Pilihlah tas atau koper yang sesuai dengan kapasitas barangmu. Tidak perlu membawa tas atau koper yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena itu akan merepotkanmu saat mengangkat dan menyimpan barang di kendaraan. Tas atau koper yang pas juga akan membuat barang lebih teratur dan tidak mudah rusak.

3. Membawa Pakaian yang Nyaman

Bawalah pakaian yang ringan dan nyaman. Sesuaikan pakaian dengan kondisi cuaca dan lokasi yang akan dikunjungi saat mudik, agar tidak merasa kepanasan atau kedinginan. Pakaian yang ringan dan nyaman juga akan membuatmu lebih leluasa dalam bergerak dan menikmati perjalanan.

4. Melipat Baju dengan Rapi

Kamu bisa menggunakan metode konmari untuk melipat baju dengan cara yang hemat tempat dan rapi. Metode konmari juga akan membuatmu lebih mudah untuk mencari baju yang kamu inginkan, tanpa harus mengacak-acak tas.

5. Membawa Peralatan Mandi

Bawalah peralatan mandi dalam ukuran kecil, kamu bisa menggunakan botol kecil atau travel-size untuk membawa sabun, sampo, pasta gigi, dan peralatan mandi lainnya. Ukuran kecil akan menghemat ruang dan bobot dalam tas, sehingga tidak perlu membawa barang yang berat dan besar.

6. Memisahkan Barang dalam Kantong

Pisahkanlah barang yang berbeda dalam kantong plastik atau organizer. Kamu bisa memisahkan barang-barang seperti obat-obatan, alat tulis, aksesoris, dan barang lainnya sesuai dengan jenisnya. Kantong plastik atau organizer akan membuat barang lebih tertata dan bersih dalam tas. 

7. Bawalah Perlengkapan Tidur

Kamu bisa membawa bantal leher atau selimut kecil untuk membuatmu lebih nyaman saat tidur di perjalanan. Perlengkapan tidur akan membantu kamu untuk istirahat dengan baik, sehingga tidak akan merasa lelah atau pegal saat sampai di tujuan.

8. Menetapkan Barang Penting untik Dibutuhkan

Tetapkanlah barang penting yang akan kamu butuhkan di dalam tas kecil atau tas selempang. Kamu bisa membawa barang-barang seperti dompet, handphone, charger, kamera, dan barang penting lainnya di tas yang mudah dijangkau. Tas kecil atau tas selempang akan memudahkanmu untuk mengambil barang yang kamu butuhkan, tanpa harus membuka tas utama. 

9. Periksa Bawang yang di Bawa Sebelum Berangkat

Periksalah barang yang sudah kamu bawa sebelum berangkat. Pastikan semua barang penting sudah ada di dalam tas dan  tidak ada yang ketinggalan. Pengecekan barang akan membuatmu lebih tenang dan yakin saat berangkat, sehingga tidak perlu khawatir atau balik lagi untuk mengambil barang yang tertinggal.

Bawa barang-barang yang memang dibutuhkan dan jangan membawa barang yang tidak perlu agar perjalanan mudik menjadi lebih nyaman dan lancar.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading