Sukses

Lifestyle

Ketahui Target Pasar, Berikut Tips untuk Wanita yang Ingin Membuka Bisnis Baru

Fimela.com, Jakarta Seiring berkembangnya zaman, sudah banyak wanita yang menjadi pelaku di industri bisnis. Berbagai bisnis baru dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Wanita mulai sadar akan keuntungan yang didapat dari kegiatan berbisnis dan menjadikan bisnis sebagai prospek kerja yang menjanjikan. Namun, membangun sebuah bisnis bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan.

Untuk memulai sebuah bisnis, dibutuhkan persiapan yang matang terkait produk yang akan ditawarkan. Selain itu, persiapan untuk promosi dan persiapan untuk tim yang akan menjalankan bisnis juga menjadi tantangan tersendiri. Tidak mudah untuk membuka bisnis baru tanpa pengetahuan yang luas mengenai dunia bisnis itu sendiri. Dilansir dari Forbes, terdapat 6 tips untuk wanita yang ingin mulai berbisnis.

Pertajam cerita latar belakang produk

Pastikan produk yang dihasilkan memiliki kisahnya sendiri. Satu atau dua kalimat yang dapat menyimpulkan seluruh informasi kunci dari produk yang diproduksi. Kunci dari keberhasilan menarik investor bagi bisnis Sahabat Fimela adalah kisah yang disampaikan harus singkat, padat, jelas, dan pastinya menarik. Sertakan juga mengapa masyarakat harus membeli produk yang Sahabat Fimela tawarkan. 

Kenali target pasar

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sahabat Fimela harus mengetahui target pasarnya terlebih dahulu. Agar produk yang dihasilkan menjurus pada pasar tertentu, Sahabat Fimela dapat menggunakan metode riset pasar untuk mengetahui kebutuhan di masyarakat. Dengan mengetahuinya, Sahabat Fimela dapat memberikan data yang akurat pada calon investor nantinya.  

Malu bertanya, sesat di jalan

Bangun koneksi atau network dengan banyak orang. Jangan pernah merasa malu untuk terlihat bodoh dan bertanya pada orang yang memang ahli pada bidangnya. Wanita seringkali hanya menjaga hubungan dengan teman-teman dekatnya saja, tidak dengan orang lain yang berpotensi untuk memberikan bantuan. Membangun koneksi adalah bekal penting jika ingin memulai bisnis baru agar mendapatkan banyak bantuan dan pengetahuan tentang bisnis dan industri. 

Siapkan diri untuk berjualan

Jika Sahabat Fimela memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan menjual produk, Sahabat Fimela harus turun langsung untuk menawarkan produk pada calon konsumen. Dengan cara itu, Sahabat Fimela akan mengetahui kebutuhan pasar dan akan memudahkan proses komunikasi dengan investor. 

Susun strategi untuk membentuk tim

Sebuah bisnis tidak mungkin dijalankan seorang diri, Sahabat Fimela harus menyusun tim agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Tentu diperlukan strategi tersendiri untuk merekrut orang yang nantinya akan menjadi bagian dari tim. Rencanakan kebutuhan Sahabat Fimela dan rencanakan juga apakah akan menjadikan mereka pegawai tetap atau kontrak sampai nanti mendapatkan pendanaan investor.

Tempatkan diri di tengah penasihat yang berkualitas

Dengan memiliki jajaran penasihat bisnis yang berpengalaman dan berkualitas, bisnis yang akan Sahabat Fimela rintis akan semakin matang berkat rekomendasi-rekomendasi yang diberikan. Para penasihat dapat membantu mengarahkan bisnis baru Sahabat Fimela kepada calon-calon konsumen. Untuk mendapatkan penasihat yang berkualitas dan terpercaya, Sahabat Fimela dapat menggunakan jaringan yang sudah dibangun sebelumnya dan ajak tiga atau lima orang penasihat untuk bergabung ke dalam bisnis baru Sahabat Fimela.

Dengan melibatkan wanita dalam dunia bisnis, terdapat sebuah peluang untuk membawa inklusifitas ke dalam dunia bisnis yang selama ini terasa ekslusif hanya untuk kaum pria. Keterlibatan wanita sebagai pemilik bisnis merupakan langkah awal untuk membawa keberagaman yang akan menyebabkan keputusan-keputusan terkait bisnis yang lebih inklusif lagi. Nah, apakah Sahabat Fimela tertarik untuk membuka bisnis sendiri?

 

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading