Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mempelajari Bahasa Asing untuk Otak

Fimela.com, Jakarta Ada banyak alasan untuk belajar bahasa baru atau bahasa asing. Dengan mempelajari bahasa asing, seseorang akan memiliki manfaat yang mengejutkan. Meskipun sebagian besar dari kita telah menyadari manfaat nyata dalam pekerjaan dan perjalanan karena menguasai bahasa asing. 

Mempelajari bahasa asing adalah salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan pada otak. Hal ini tentu akan memberi kognitif yang tak terhitung banyaknya. Mengetahui bagaimana otak dapat berubah ketika Sahabat Fimela mempelajari suatu bahasa sehingga memotivasi menuju kefasihan yang cepat.

Menyadur laman cae.edu.au, bahwa Nicki Baird dari Melbourne’s Centre for Adult Education (CAE) Languages Centre of Excellence, mengatakan, mempelajari bahasa lain tidak hanya membantu memperoleh keterampilan bahasa baru, tetapi juga membantu otak melakukan hal-hal lain dengan lebih baik. Ada 5 hal yang memberikan manfaat untuk otak ketika seseorang mempelajari bahasa asing. Inilah manfaatnya.

1. Meningkatkan kekuatan otak

Mempelajari bahasa asing melatih otak Sahabat Fimela untuk menghadapi tingkat kompleksitas dan menyerap pola-pola baru. Belajar bahasa asing melibatkan pengingatan kata-kata dan frasa baru. Latihan ini dapat memperkuat kemampuan kekuatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti demensia.

2. Menunda demensia

Serangkaian penelitian tentang demensia menemukan bahwa orang yang billingual atau multingual, mengalami demensia lebih lambat dibandingkan mereka yang hanya berbicara 1 bahasa. Orang yang menguasai bahasa asing dapat menunjukkan tanda-tanda demensia 4,5 tahun lebih lambat daripada orang monolingual.

Untuk meningkatkan kekuatan otak dan mencegah demensia, belajar bahasa asing dapat dilakukan secara berkala dan dilengkapi dengan olahraga dan gaya hidup sehat.

3. Meningkatkan daya ingat

Menggunakan otak untuk mempelajari bahasa baru dapat meningkatkan daya ingat Sahabat Fimela, karena hal ini seperti latihan untuk otak. Hal ini juga membantu kita harus mengingat dan menerapkan kata-kata dan aturan baru dari suatu bahasa yang sedang dipelajari.

4. Melatih multitasking

Mempelajari bahasa asing dapat melatih seseorang untuk multitasking karena otak kita dapat bekerja lebih efisien dan efektif dalam mengelola beberapa tugas atau pekerjaan dalam 1 waktu. Jika Sahabat Fimela dapat beralih dari 1 bahasa ke bahasa lain, kemungkinan besar kamu dapat mengetik, berbicara di telepon, dan makan siang pada saat yang bersamaan.

5. Meningkatkan kosakata bahasa pertama

Dengan mempelajari bahasa lain, sebenarnya dapat meningkatkan bahasa pertama Sahabat Fimela. Hal ini juga dapat terjadi ketika kamu banyak membaca, berbicara, mengikuti acara bahasa atau program-program bahasa. Dengan menerapkan hal tersebut, membuat kosakata bahasa pertama kamu dapat meningkat dan lebih efektif dalam menggunakan bahasa asing.

 

Penulis: Miftah DK.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading