Sukses

Lifestyle

Tips Belajar Bahasa Asing Ala Maudy Ayunda

Fimela.com, Jakarta Dilansir oleh tim Fimela.com dari Duolingo, bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi supaya saling terhubung. Seseorang dapat menyampaikan pikiran, ide, dan perasaan satu sama lain walau berasal dari negara yang berbeda dengan menggunakan bahasa. Mempelajari bahasa baru juga memungkinkan dapat menemukan peluang baru dan lebih dekat dengan impian yang diinginkan, seperti yang dibuktikan oleh Maudy Ayunda, seorang creator, pendidik, produser, penyanyi, penulis lagu, dan aktris Indonesia.

Dalam menemukan peluang dan meraihnya, penguasaan bahasa berperan penting bagi Maudy. Dalam Vlog terbarunya yang dirilis pada Hari Perempuan Internasional dengan judul “Maudy’s Thought”, Maudy berbagi cerita bahwa kemampuannya dalam bahasa telah memungkinkannya untuk memperoleh kesempatan yang sama sebagai seorang wanita dan membawa dirinya menuju pada kesuksesan yang lebih besar.

Selama mengejar mengejar gelar masternya dengan mendapatkan beasiswa di Stanford University, ia menyadari bahwa kemampuan berbicara bahasa Inggris yang telah ia pelajari sejak dini dengan bersekolah di sekolah internasional sangat memberi pengaruh kepada hidupnya sehingga dapat memahami berbagai perspektif lokal dan meningkatkan kemampuan kognitifnya. 

 

 

Pentingnya Bahasa Asing Bagi Maudy

Maudy tidak pernah berhenti mengasah kemampuan bahasa asingnya karena ia percaya cara efektif untuk memahami budaya lain dan mendekatkan diri dengan orang lain adalah dengan mempelajari bahasa asing. Mempelajari bahasa asing ditambah lebih bermakna ketika Maudi bertemu dengan Jesse Choi yang merupakan seorang pria asal Korea Selatan saat keduanya sedang belajar di Stanford University.

Dalam membantu menjembatani kesenjangan budaya di antara mereka, Maudy mulai belajar bahasa Korea dan Jesse belajar Bahasa Indonesia. Kini, Maudy dan Jesse telah berbagai kisah cinta mereka dalam YouTube-nya dengan judul “Buka Kartu Special Valentine’s Day with Mas Oppa”.  

Perbedaan tidak menjadi masalah bagi mereka berdua, justru menjadi motivasi untuk saling memahami satu sama lain dengan lebih baik yang dapat memperdalam hubungan dan memperkuat ikatan di antara mereka. Pendekatan gamifikasi yang digunakan oleh Duolinggo melalui fiturnya seperti kuis pengucapan, peringkat, badges, dan streaks membuat pembelajaran bahasa lebih menyenangkan dan menciptakan momen berkualitas bagi Maudy dan Jesse. 

Duolinggo telah menjadi mitra yang cocok untuk Maudy dan suami dalam mempelajari bahasa masing-masing sehingga membuat mereka sadar bahwa peningkatan kemampuan bahasa satu sama lain sejak mulai menggunakannya. Aplikasi Duolinggo sangat cocok bagi kamu yang memiliki banyak kegiatan seperti Maudy dan Jesse karena aplikasi ini membuat proses belajar lebih mudah dengan memberikan modul ringkas dan porsi materi yang ideal yang memungkinkan mereka untuk fokus pada satu topik, kumpulan kosa kata, atau tata bahasa pada satu waktu sehingga pembelajaran dapat diselesaikan dalam 15 menit pada sela-selat rapat, saat istirahat, atau sebelum tidur.

Duolinggo

“Mempelajari bahasa baru, terutama bahasa Inggris, telah mengubah hidupku karena memungkinkan aku untuk mendapatkan informasi baru dan memperluas pengetahuan. Bahasa jugalah memungkinkan aku untuk terhubung dengan orang-orang dari budaya, latar belakang dan pengalaman hidup yang berbeda, sebagaimana bahasa menghubungkan aku dengan Jesse. Aku senang sekarang kami memiliki platform seperti Duolingo 

Duolinggo merupakan aplikasi pembelajaran bahasa yang dapat diakses secara gratis dengan menawarkan lebih dari 100 kursus. Masing-masing kursus dengan berbagai modul ringkas yang tersedia dalam lebih dari 40 bahasa yang memudahkan untuk berlatih kapan saja dan di mana saja. Aplikasi yang telah dibuat sejak tahun 2012, kini menempati peringkat teratas pada app store di berbagai negara dan wilayah serta memiliki lebih dari 60 juta pengguna aktif bulanan per desember 2022. 

“Kami senang melihat pertumbuhan pengguna di Indonesia. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk bisnis kami, tetapi juga menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia yang bersemangat untuk belajar bahasa baru. Senang sekali mengetahui bagaimana Duolingo membawa dampak positif bagi Maudy dan Jesse. Kami berharap semakin banyak pengguna di Indonesia yang juga merasakan manfaat belajar dengan Duolingo” ujar Haina Xiang, Regional Marketing Director for APAC di Duolingo

Melalui kisah Maudy, ada pembelajaran yang dapat dipetik yaitu dalam meningkatkan kualitas diri, mencapai impian, dan terhubung dengan budaya yang berbeda dapat dilakukan dengan mempelajari bahasa baru sehingga hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk mulai mempelajari bahasa baru sebagai sarana untuk mengejar impian dan menemukan peluang baru. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

 

#Breaking boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading