Sukses

Lifestyle

8 Tips Mudah Mencegah Ngantuk Setelah Makan Sahur

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak orang, bangun pagi untuk sahur bisa menjadi tantangan besar, terutama saat menjalankan puasa di bulan Ramadan. Setelah makan sahur, seringkali kita merasa kantuk dan sulit untuk tetap terjaga. Setelah makan sahur, tak jarang kita justru semakin mengantuk, lemas dan tak berdaya. 

Namun kini jangan khawatir Sahabat Fimela. Untuk mengatasi rasa kantuk setelah sahur, ada beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk mencegah pun mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah mengantuk terutama setelah makan sahur selama menjalankan ibadah puasa.

Tidur Cukup

Salah satu faktor terpenting dalam mencegah ngantuk di pagi hari terutama setelah sahur adalah tidur cukup. Ya, memastikan kita mendapatkan tidur yang cukup di malam sebelumnya, akan membantu kita lebih fresh dan terjaga selama berpuasa. Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam agar tubuh kita mampu beristirahat dengan baik. Ini juga agar tubuh lebih siap menghadapi hari yang baru dengan perut kosong.

Pilih Makanan Tepat untuk Sahur

Makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh pada tingkat energi dan kewaspadaan kita di pagi hari. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral penting. Hindari makanan berlemak tinggi atau berat yang berat. Makanan ini justru membuat kita merasa kenyang berlebihan dan mengantuk setelah makan terutama saat sahur. 

Minum Air Cukup

Dehidrasi rentan menyebabkan kelelahan dan mengantuk. Pastikan untuk minum banyak air selama sahur dan setelahnya. Hal ini agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hindari minuman berkafein atau beralkohol, karena jenis minuman ini bisa menyebabkan dehidrasi lebih lanjut. Dehidrasi sangat rentan bikin lemas, mudah mengantuk dan meningkatkan rasa malas.

Jaga Aktivitas Fisik

Bergerak sebentar setelah sahur akan cukup membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan tingkat energi kita. Lakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan singkat, atau melakukan sedikit peregangan untuk membantu menghilangkan rasa kantuk.

Hindari Paparan Cahaya Biru Sebelum Tidur

Paparan cahaya biru dari layar gadget seperti ponsel atau laptop, sangat mengganggu ritme tidur kita dan membuat sulit untuk tertidur. Hindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Ini untuk membantu mempersiapkan tubuh untuk istirahat yang lebih berkualitas atau nyenyak.

Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Makanan atau minuman yang mengandung gula berlebihan juga bisa menyebabkan peningkatan energi yang singkat kemudian diikuti oleh penurunan drastis. Kondisi ini dapat menyebabkan ngantuk. Usahakan untuk menghindari makanan atau minuman manis secara berlebihan selama sahur. Tak hanya saat sahur, hindari pula konsumsi makanan manis berlebihan saat berbuka dan sebelum tidur. 

Bersihkan Diri dengan Air Dingin

Mandi atau menyiram wajah dengan air dingin setelah sahur akan cukup membantu menyegarkan tubuh. Ini juga bermanfaat meningkatkan kewaspadaan kita di pagi hari. Sensasi dingin dari air akan cukup membantu kita tetap terjaga dan siap menghadapi hari secara lebih baik. Ini bisa mencegah ngantuk berlebih setelah makan sahur.

Rencanakan Kegiatan yang Menyenangkan

Membuat rencana untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan atau menarik di pagi hari akan membantu kita tetap terjaga dan bersemangat. Misalnya, menonton film singkat, mendengarkan musik yang menyegarkan, atau melakukan hobi yang disukai. Kita juga bisa merencanakan untuk salat berjamaah subuh atau membaca Al-Quran sambil menunggu pagi yang lebih terang. 

Dengan mengikuti cara di atas, kita bisa mengurangi rasa ngantuk di pagi hari khususnya setelah makan sahur. Ini juga membantu kita tetap produktif sepanjang hari. Tapi penting diingat jika setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda. Akan lebih bijaksana bagi kita untuk mencari tahu apa yang paling efektif untuk tubuh kita sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi kamu umat muslim di manapun kamu berada.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading