Sukses

Lifestyle

2 Cara Mencuci Gorden yang Benar Agar Tetap Awet

Fimela.com, Jakarta Gorden adalah salah satu item penting di rumah. Gorden juga biasa dijadikan sebagai dekorasi rumah dan menambah kecantikan rumah. Atau jika ingin lebih privat, gorden dapat menjadi pilihan tepat untuk menjaga privasi Sahabat Fimela. Tapi fungsi utama gorden adalah sebagai penghalau debu atau kotoran dan sinar matahari berlebih yang akan masuk ke rumah.

Karena letakknya yang langsung berhadapan dengan debu dan sinar matahari, gorden akan mudah kotor. Sehingga harus rutin diganti dan dicuci. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencuci gorden. Berikut adalah 2 cara mencuci gorden, yaitu dengan mesin cuci dan tangan dilansir dari thespruce.com untuk Sahabat Fimela:

Mencuci Gorden Menggunakan Mesin Cuci

Sebelum mencuci gorden, penting untuk memperhatikan label yang tertera pada gorden. Biasanya tertera pentunjuk untuk mencuci gorden. Apabila tidak tertera tulisan "dry clean only", mencuci dengan mesin cuci dapat menjadi pilihan yang tepat dan mudah untuk mencuci gorden.

Gorden yang dapat dicuci dengan mesin cuci adalah gorden yang berasal dari kain katun, nilon, dan poliester. Gorden jaring dapat dicuci di mesin cuci dengan catatan harus dilindungi mesh bag. Berikut adalah cara mencuci gorden dengan mesin cuci:

  1. Cek label di gorden dan perhatikan informasi pencuciannya
  2. Cek ketahanan bahan gorden dengan sedikit detergen. Ini untuk menghindari kerusakan bahan dan ketahanan warna gorden agar tidak rusak dan memudar saat terlanjur dicuci.
  3. Lepaskan perangkat keras yang ada di gorden. Seperi cincin gorden, peniti, atau klip sebelum dimasukkan ke mesin cuci
  4. Jika mencuci gorden dengan bahan yang tipis, direkomendasikan untuk memasukkannya terlebih dahulu ke kantong jaring sebelum dicuci dengan mesin cuci. Kantong ini akan mencegah kerusakan pada gorden
  5. Gunakan air dingin untuk mencuci gorden dan jangan masukkan terlalu banyak detergen
  6. Keringkan gorden dengan pengaturan rendah. Setelah 95% kering, keluarkan gorden dari mesin untuk menghindari kerutan pada gorden. Keringkan gorden di tempat kering yang terkena angin atau sinar matahari
  7. Setrika gorden yang sudah kering apabila diperlukan

Mencuci Gorden Menggunakan Tangan

Sama dengan mencuci dengan mesin cuci. Mencuci gorden dengan tangan juga perlu memperhatikan label yang ada di gorden terlebih dahulu agar mengetahui aturan yang telah tertera. Biasa di label gorden akan tertera gorden lebih baik dicuci dengan metode apa.

Mencuci gorden menggunakan tangan lebih aman daripada mencuci dengan mesin cuci. Karena dapat menyesuaikan saat mencuci gorden. Gorden berbahan katun, nilon, poliester, tali, dan sutra dapat dicuci menggunakan tangan. Berikut adalah cara mencuci  gorden menggunakan tangan :

  1. Cek label di gorden dan perhatikan informasi pencuciannya
  2. Cek ketahanan bahan gorden dengan sedikit deterjen. Ini untuk menghindari kerusakan bahan dan ketahanan warna gorden agar tidak rusak dan memudar saat terlanjur dicuci.
  3. Isi wadah atau ember yang digunakan mencuci dengan air hangat atau dingin
  4. Tambahkan deterjen ke wadah air yang telah disediakan. Lalu buat berbusa
  5. Rendam gorden di air berbusa. Dengan gerakan lembut, kucek kain di dalam air untuk menghilangkan noda
  6. Bilas gorden dengan air bersih. Bilas gorden beberapa kali hingga benar-benar tidak ada busa tersisa
  7. Peras gorden air tidak meninggalkan air berlebihan sebelum dikeringkan
  8. Keringkan gorden dengan cara menggantungnya di tempat yang terpapar sedikit sinar matahari dan angin. Jangan gantung di tempat yang terkena sinar matahari langsung yang menyengat untuk menghindari penyusutan dan kerusakan kain
  9. Setrika gorden saat sudah kering jika diperlukan

Mencuci gorden ternyata tidak bisa asal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar gorden tetap awet. Nah sekarang Sahabat Fimela telah mengetahui cara mencuci gorden dengan benar. Selamat mencoba di rumah ya!

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading