Sukses

Lifestyle

Makin Fleksibel, Ini Keuntungan dan Tantangan Perempuan yang Jadi Enterpreneur di Era Digital

Fimela.com, Jakarta Dunia digital semakin memudahkan gerak manusia di berbagai sektor, salah satunya bisnis. Fleksibilitas adalah hal utama yang ditawarkan oleh dunia digital karena semuanya berada di dalam genggaman, di mana pun kita berada. Kita dapat berkomunikasi, bertukar informasi, hingga berdagang tanpa harus hadir di suatu tempat tertentu. Kita hanya perlu menekan layar, maka apa yang dikehendaki akan diproses secara langsung.

Keterlibatan wanita di dunia bisnis masih dapat dibilang minim. Namun, dengan kehadiran dunia digital, semuanya terasa lebih memungkinkan untuk bergabung dan membuat bisnis. Kemudahan demi kemudahan dapat ditemui dan dari kemudahan itu batas-batas yang membatasi keterlibatan wanita semakin pudar. Dilansir dari laman resmi United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), berikut adalah tiga keuntungan utama dari hadirnya dunia digital bagi para wanita yang ingin menjadi entrepreneur.

Kemudahan untuk bergabung

Para wanita yang berminat untuk membuka usaha di dunia digital dapat bergabung tanpa hambatan yang tinggi seperti bisnis tradisional atau offline. Para wanita dapat memulai usaha mereka dengan biaya awal yang jauh lebih rendah dibandingkan bisnis secara offline dan tidak perlu membuka toko atau menyiapkan etalase secara fisik. Dunia digital memberikan kemudahan untuk mempromosikan dan memamerkan barang usaha yang Sahabat Fimela miliki tanpa harus melakukan apapun di dunia nyata. Hal tersebut dapat menghemat biaya untuk memulai di awal merintis usaha.

Kemudahan untuk menggaet konsumen dari seluruh penjuru dunia

Internet sudah menjangkau seluruh wilayah di dunia. Usaha yang Sahabat Fimela rintis dapat memperluas pasar ke daerah-daerah lain di seluruh dunia tanpa harus bergerak secara fisik. Kemudahan ini dapat ditemui di dunia digital. Produk yang Sahabat Fimela produksi juga dapat dibuat khusus untuk mencapai standar pasar internasional agar lebih tepat sasaran.

Fleksibilitas dalam bekerja

Bagi para wanita yang memiliki tanggung jawab untuk mengurus anak di rumah atau memiliki keterbatasan dalam gerak, dunia digital menjadi solusi terbaik. Sahabat Fimela dapat membuka usaha tanpa harus keluar rumah, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja mengikuti keinginan Sahabat Fimela. Fleksibilitas ini adalah keuntungan yang besar untuk para wanita yang ingin berbisnis di tengah keterbatasan waktu yang ada karena hal-hal lain.

Tantangan dari dunia bisnis digital

Terlepas dari berbagai kemudahan yang Sahabat Fimela terima selama berbisnis di era digital, tantangan yang hadir juga berevolusi mengikuti perubahan. Dilansir dari wearelevels.com, berikut adalah tantangan yang akan dihadapi di dunia bisnis digital.

Kompetisi yang ketat

Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh dunia digital, banyak sekali orang yang berlomba-lomba membuka bisnisnya sendiri. Dengan banyaknya entrepreneur yang hadir, dunia digital menjadi lautan bisnis yang seragam. Dibutuhkan sebuah pembeda dari sebuah bisnis jika Sahabat Fimela ingin membuka bisnis baru di dunia digital. Sahabat Fimela harus membangun brand identity yang kuat, konten orisinal yang baik, dan pastinya merekrut ahli strategi digital marketing untuk mencapai target pasar dari bisnis Sahabat Fimela.

Ancaman keamanan siber

Ancaman keamanan siber menghantui bisnis yang bergantung banyak pada dunia digital. Sahabat Fimela harus terus waspada akan keamanan data dan terus memperbarui sistem keamanan digital yang ada. Keamanan bisnis dan keamanan konsumen harus dijaga dengan baik agar semuanya dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Teknologi yang terus berkembang

Tidak dapat dipungkiri, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Perkembangan yang cepat itu memberikan banyak keuntungan juga tantangan bagi para pelaku bisnis digital. Sahabat Fimela harus terus belajar mengenai pembaharuan teknologi yang ada dan terus beradaptasi dengan perubahan yang cepat di dunia digital.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading