Sukses

Lifestyle

Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini, umat muslim memiliki kesempatan lebih banyak dan kuat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bulan ini juga menjadi salah satu bulan paling istimewa bagi umat Islam. Karena segala doa dan kebaikan, akan dikabulkan dan mendapat barokah serta syafaat dari Allah SWT. 

Di antara berbagai ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan, berdoa merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan. Berdoa memiliki nilai yang sangat besar. Ini bahkan dipercaya akan lebih mudah dikabulkan. Dalam artikel ini, kita akan mengetahui waktu-waktu yang paling mustajab untuk berdoa selama bulan Ramadan. Kapan saja waktu tersebut?

Menjelang Berbuka Puasa

Salah satu waktu yang sangat mustajab untuk berdoa adalah menjelang berbuka puasa. Saat itu merupakan momen ketika hati dan perut kita telah terasa lapar sepanjang hari, dan Allah SWT sangat memperhatikan hamba-Nya yang berpuasa. Ketika kita memohon kepada-Nya dengan tulus di waktu ini, doa kita lebih mungkin untuk dikabulkan. Selain menjelang berbuka, waktu saat berbuka dan setelahnya juga menjadi waktu terbaik untuk memohon segala yang terbaik padaNYA. 

Saat Sahur atau di Sepertiga Malam Terakhir

Malam adalah waktu ketika keberkahan turun dari langit. Berdoa di sepertiga malam terakhir khususnya sebelum sahur, akan sangat mungkin segera dikabulkan oleh Allah SWT. Waktu ini menjadi waktu yang sangat mustajab buat berdia. Kenapa demikian? Ketika sebagian besar orang sedang tidur, saat itu kita bisa menghadap Allah dengan hati yang tenang dan penuh kesadaran. Berdoa di waktu ini juga menunjukkan kesungguhan kita dalam mencari rahmat Allah SWT.

Saat Azan atau Antara Azan dan Iqamah

Waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan selanjutnya ada saat azan atau antara azan dan iqamah. Allah akan mendengar doa-doa hambanya yang tulus di waktu ini. Rasulullah SAW bersabda, “Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Daud).

Selama Berpuasa

Setiap doa yang baik tak akan tertolak oleh orang yang berpuasa karena Allah SWT. Selama berpuasa, adalah waktu paling mustajab untuk berdoa. Dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad).

Di Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Beruntunglah orang-orang yang dipertemukan dengan malam ini. Berdoa di malam ini memiliki nilai yang sangat besar. Saat kita berdoa di malam Lailatul Qadar, Allah SWT menjanjikan pahala yang sangat besar dan pengampunan atas dosa-dosa kita. Malam Lailatul Qadar sendiri bisa terjadi di malam kapanpun selama bulan Ramadan. Tapi, malam ini lebih banyak terjadi di malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. 

Saat Sujud dalam Salat

Berdoa selama sujud di dalam salat, juga menjadi waktu paling mustajab untuk berdoa. Siapapun yang berdoa di waktu ini, akan dikabulkan doa-doanya. Sujud sendiri sering dikaitkan sebagai simbol pengakuan atas kelemahan diri seseorang. Ini juga sebagai bentuk pasrah kepada Allah SWT. Maka dari itu, saat sujud dianjurkan untuk memperbanyak doa, karena posisi itu disebut paling dekat dengan Allah. 

Hari Jumat

Hari jumat termasuk hari yang sangat baik dalam agama Islam. Di hari ini juga, doa-doa yang tulus dari hati lebih besar kemungkinannya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hari ini sebagai salah satu waktu paling mustajab untuk berdoa terutama di bulan Ramadan. 

Dari Abu Hurairah, ra., Rasulullah SAW pernah bersabda, “Pada hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan sholat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” Dan beliau berisyarat dengan tangannya akan sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim).

Seperti yang kita tahu, bulan Ramadan merupakan waktu yang istimewa. Waktu di mana pintu-pintu rahmat Allah terbuka lebar untuk hambanya yang sungguh-sungguh meminta syafaat, barokah dan ampunan atas segala dosa-dosanya. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan adalah berdoa. Dan berdoa di waktu-waktu yang mustajab, sangatlah penting untuk dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading