Sukses

Lifestyle

5 Tips Ini Bantu Kamu Belanja Cerdas Selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam, yang diamati dengan berpuasa dari fajar hingga senja. Ini adalah waktu untuk refleksi, berdoa, dan memberi kepada mereka yang membutuhkan. Selama bulan ini, banyak umat Islam yang berbelanja makanan, pakaian, atau barang-barang lainnya yang dibutuhkan menjelang Idulfitri. Belanja Ramadan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat jika Sahabat Fimela membuat rencana anggaran dan melakukannya dengan benar.

Di tengah musim yang indah ini, mengatur pengeluaran bisa menjadi tantangan bagi banyak orang. Terkadang tanpa kita sadari pengeluaran akan menjadi semakin konsumtif. Banyak orang berpikir bahwa saat bulan Ramadan, biaya belanja yang dikeluarkan akan lebih hemat. Namun, tak jarang pengeluaran justru semakin boros ketika bulan ini. Maka, sangat penting untuk Sahabat Fimela merencanakan belanja Ramadan dengan memperhatikan pengeluaran, terutama kalau arus tabungan hampir habis. 

Jika Sahabat Fimela berencana berbelanja selama bulan Ramadan, 5 tips ini membantu kamu memaksimalkan pengeluaran berbelanja secara cerdas yang disadur melalui laman imoney.my dan thedailystar.net.

1. Tetapkan anggaran

Selama bulan suci ini, ada baiknya Sahabat Fimela memiliki buku catatan keuangan agar kamu tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Sangat mudah tergoda untuk membelanjakan hal-hal yang tidak menjadi kebutuhan sehari-hari. Jadi, ada baiknya menyiapkan rencana sebelum kamu mulai sehingga tahu berapa banyak yang Sahabat Fimela mampu dan tidak mampu dibeli.

Ingatlah bahwa Sahabat Fimela perlu menyeimbangkan anggaran dengan baik. Jangan lupa bahwa hari raya Idulfitri akan datang setelahnya, di mana pengeluaran mungkin akan melambung tinggi. Kurangi pengeluaran lain selama bulan Ramadan untuk mengakomodasi pengeluaran lainnya. Satu hal yang bisa kamu kurangi adalah liburan, misalnya kurangi perjalanan ke bioskop. Selalu berhati-hati dan gunakan bulan Ramadan sebagai platform yang baik untuk melatih kecerdasan finansial.

2. Pastikan berbelanja dengan tujuan

Sangat sedikit dari kita yang mengaku tidak pernah merasakan keinginan untuk belanja dalam rangka menyambut hari raya Idulfitri yang akan datang. Meskipun mungkin sangat memuaskan untuk membeli secara impulsif, perilaku seperti itu dijamin akan berdampak buruk pada dompet Sahabat Fimela.

Kuncinya adalah membuat daftar lengkap semua barang yang ingin kamu beli dan menetapkan anggaran yang ketat untuk barang-barang tersebut. Setelah selesai, patuhi rencana Sahabat Fimela dengan tekad yang kuat dan biarkan perburuan produk terbaik dengan harga paling masuk akal. Berbelanjalah lebih awal dan perhatikan catatan.

3. Beli bahan makanan dalam jumlah besar

Tidak bisa dipungkiri, bulan Ramadan pasti akan menyebabkan kenaikan harga sembako sehari-hari. Meskipun kita mungkin merasa tidak berdaya untuk mencegah inflasi tersebut, kita tetap dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Membeli bahan makanan dalam jumlah besar untuk satu atau beberapa minggu ke depan dapat memitigasi dampak ketidakstabilan pasar yang biasa kita alami selama Ramadan. Selain itu, disarankan untuk mencari vendor atau agen yang menawarkan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar dan menegosiasikan harga untuk mendapatkan kesepakatan terbaik, karena ini akan membebaskan lebih banyak dana untuk pengeluaran Sahabat Fimela yang lainnya.

4. Rencanakan perjalanan mudik

Salah satu momen terpenting di bulan Ramadan adalah Idulfitri, hari penuh pahala yang sebagian besar dari kita lebih suka merayakannya bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Namun, sering kali diperlukan perjalanan panjang untuk kembali ke kampung halaman yang ditinggalkan untuk mengejar karir atau pendidikan di kota. 

Siapa pun yang melakukan perjalanan menjelang hari raya Idulfitri pasti menyadari bahwa tarif bisa saja naik seiring dengan terbatasnya kendaraan dan calo tiket. Untuk mengatasi masalah ini dan mendapatkan transportasi dengan harga terjangkau, disarankan untuk membeli tiket terlebih dahulu. Jika tujuan Sahabat Fimela dapat dicapai dengan kereta api atau bus, pertimbangkan untuk membeli tiket secara online sedini mungkin.

5. Belanja online

Di era digital, dunia dalam genggaman kita, termasuk segudang penawaran Ramadan. Jika Sahabat Fimela lebih suka menghindari tempat keramaian, hal ini menguntungkan untuk kamu belanja secara online. Platform belanja online sering kali menawarkan diskon eksklusif, kode kupon, dan opsi uang kembali. Bayangkan kamu sebagai penjelajah digital, temukan harta karun tersembunyi dan kenyamanan hanya dari rumah. Selain itu, manfaat tambahan dari membandingkan harga memastikan Sahabat Fimela selalu mendapatkan penawaran terbaik.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading