Sukses

Lifestyle

6 Tanda Orang yang Lapang Dada Meski Menghadapi Banyak Cobaan

Fimela.com, Jakarta Cobaan setiap orang dalam hidup bisa bermacam-macam dan dengan kadar yang tak sama. Cara setiap orang menyikapi dan menghadapi masalah hidup juga beragam. Akan selalu ada orang-orang yang gampang mengeluh dan mengambil jalan yang negatif untuk menyelesaikan masalah, dan ada pula orang-orang yang akan menghadapi masalah secara lapang dada dan penuh kesabaran meski berat. Terkadang sifat atau karakter yang dimiliki memengaruhi sikap dalam menghadapi cobaan. Jika dilihat dari sikap sehari-hari, ini tanda orang lapang dada meski banyak menghadapi cobaan.

1. Kedewasaan dan kebijaksanaan

Seseorang yang ladang dada biasanya memiliki pemikiran dewasa dan bijaksana, baik secara alami maupun terlatih oleh pengalaman hidup selama ini. Ia memahami bahwa tidak semua hal dalam hidup dapat dikendalikan dan diprediksi. Ada kalanya sesuatu terjadi atas kuasa dzat yang lebih Agung, sehingga terkadang berpasrah diri, ikhlas dan legowo menerima kenyataan adalah pilihan terbaik. Kemampuan menerima keadaan inilah yang tak dimiliki banyak orang.

2. Kemampuan menerima keadaan

Bersikap baik hati dan pemaaf juga merupakan ciri orang yang lapang dada ketika menghadapi cobaan hidup. Kebaikan hati ini seringkali sulit dilakukan ketika seseorang berada di titik terbawah dan kondisi yang sangat tidak nyaman. Tapi seseorang yang lapang dada tidak mudah menyimpan dendam dan lebih memilih mencari tindakan positif untuk mengatasi kesulitannya. Ia tidak fokus pada hal-hal negatif yang ia rasakan, melainkan bertahan dan mencari solusi yang baik.

3. Kuat mental

Orang-orang yang bertahan dan memilih mengatasi masalah dengan segenap kemampuannya secara positif cenderung melalui setiap ujian dan cobaan hidup dengan mental baja. Semakin ia bertahan dan berpikiran baik terhadap kehidupan, maka semakin terasah kekuatan mentalnya. Dengan begitu ia tidak mudah mencari kambing hhitam untuk menyalahkan orang lain atas kejadian buruk yang menimpanya. Memiliki kekuatan mental seringkali menjadi landasan yang kuat menjadi pribadi yang lapang dada.

4. Fokus pada hal-hal positif

Orang yang lapang dada biasanya dibekali dengan kemampuan sabar yang luar biasa. Ia bersabar dan menyikapi masalah hidup dengan tenang. Ia fokus pada hal-hal positif dan tidak tenggelam dalam emosi negatif seperti kesedihan berlebihan, marah meledak-ledak atau bahkan dendam yang muncul karena rasa kecewa. Orang lapang dada memiliki kemampuan untuk mengatur emosi dan memikirkan sesuatu secara jernih sebelum bertindak.

5. Selalu Belajar ikhlas

Orang lapang dada biasanya percaya bahwa setiap cobaan hidup memiliki hikmah dan pelajaran yang baik untuknya, karena itu ia tidak menyerah berusaha mencari solusi terbaik. Seringkali belajar ikhlas dan legowo itu sangat sulit, karena setiap manusia memiliki ego dan harga diri yang ingin ia jaga. Tapi ada kalanya itu harus dikesampingkan sehingga ia bisa fokus pada apa yang paling penting untuk dilakukan. Secara perlahan ia juga belajar beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan karena keikhlasannya.

6. Punya keyakinan spiritual

Orang yang cenderung lapang dada biasanya memiliki keyakinan spiritual atau kedekatan terhadap Tuhan yang kuat, sehingga akan bersikap ikhlas menerima apapun yang terjadi karena mereka percaya pada ketetapan Tuhan. Ia belajar tidak mengeluh dan lebih banyak bersyukur bahkan di kondisi yang tidak menyenangkan. Meski tak mudah, tapi ia belajar memiliki pandangan hidup yang optimis karena Tuhan tidak akan memberi ujian di luar batas yang bisa ditanggung manusia. Itu yang ia yakini.

Itu dia sekian tanda jika seseorang memiliki sikap lapang dada meski banyak menghadapi cobaan.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading