Sukses

Lifestyle

Solusi Praktis Mengelola Sampah Daur Ulang Melalui Program Recycle for Good dari SIG

Fimela.com, Jakarta Plastik merupakan benda yang cukup membantu manusia dalam kehidupan. Namun, sayangnya material ini sulit terurai dan menimbulkan permasalahan lingkungan yang cukup serius. Penggunaan yang berlebih saat ini menimbulkan penumpukan sampah yang mencemari lingkungan sekitar. 

Menanggapi hal ini, SIG, sebuah penyedia solusi kemasan terdepan dengan portfolio unik seperti karton aseptik, bag-in-box dan spouted pouch membuat program Recycle for Good yang sudah berjalan satu tahun sejak 2023 lalu. 

Tujuan dari program ini adalah untuk mengajak masyarakat untuk membawa sampah daur ulang, contohnya plastik pada kemasan makanan dan minuman ke titik pengumpulan. Hal ini menjadi bagian dari roadmap SIG untuk berkembang menjadi bisnis net positif. 

Sahabat Fimela bisa mengikuti program Recycle for Good yang kini akan tersebar di beberapa titik tambahan untuk membantu merawat bumi dengan mengelola sampah daur ulang. Simak lebih lanjut mengenai informasi program ini dan cara mengikutinya.

Perkembangan 1 Tahun Program Recycle For Good, Kini Akan ada 151 Titik

Mall Cibubur Junction, Jakarta Timur menjadi lokasi pertama berjalannya program Recycle for Good. Terhitung lebih dari 770 keluarga telah mengumpulkan 11.700 kilogram sampah daur ulang. 

Melihat hal itu, Noer Wellington, Head of Market Indonesia, Malaysia, Vietnam and Philippines at SIG mengatakan, “Jika dengan satu titik pengumpulan kita bisa menghasilkan dampak yang positif selama setahun terakhir, bayangkan apa yang bisa kita hasilkan dengan 150 titik tambahan di seluruh Jakarta,” 

2024, tepat satu tahun berjalannya program ini, SIG memperluas titik pengumpulan menjadi 151 titik di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang mempermudah Sahabat Fimela untuk menjangkaunya. Ekspansi ini didukung melalui kolaborasi dengan Armada Kemasan sebagai mitra pengolahan sampahnya. Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen SIG untuk mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan manfaat bagi masyarakat.

Komitmen SIG dan Armada Kemasan

Program Recycle for Good mengajak Sahabat Fimela untuk membawa kemasan bekas dan sampah daur ulang ke titik pengumpulan. Melalui hal ini, SIG menetapkan 4 komitmen,  diantaranya sebagai berikut: 

  • Climate+: Menghilangkan lebih banyak karbon dari yang dihasilkan 
  • Forest+: Menciptakan lebih banyak hutan subur 
  • Food+: Meningkatkan akses terhadap nutrisi & mengurangi sampah makanan 
  • Resource+: Mempercepat inovasi dalam sirkularitas 

Arnold Abdi, Managing Director, Armada Kemasan, juga mengungkapkan bentuk komitmennya pada program ini, “Bersama SIG, Armada Kemasan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan kami mengajak masyarakat Indonesia untuk menemukan titik pengumpulan Recycle for Good terdekat dan mulai mengumpulkan sampah, yang nantinya akan didaur ulang menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat,”

Tata Cara Mengikuti Program Recycle for Good

Perkembangan 151 titik ini juga diumumkannya mengenai mekanisme baru untuk program Recycle for Good. Sahabat Fimela tidak perlu mengunduh aplikasi dan hanya perlu mengikuti tata cara berikut ini.  

  1. Peroleh buku poin Recycle for Good di lokasi pengumpulan Recycle for Good di mal Cibubur Junction.
  2. Sertakan buku poin setiap kali Sahabat Fimela mengirimkan sampah daur ulang ke lokasi pengumpulan di Cibubur Junction.
  3. Tim Recycle for Good akan menimbang sampah daur ulang yang dikumpulkan dan menambah poin ke dalam buku poin.
  4. Setelah mengumpulkan poin dalam buku poin, Sahabat Fimela dapat menukar total poin tersebut dengan berbagai hadiah menarik.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading