Sukses

Lifestyle

7 Tanda Orang Berhati Emas yang Tidak Suka Merendahkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Hidup di dunia ini sekian lama, secara alami akan membuat kita bertemu, melihat dan mengenal banyak individu dengan segala keberagaman sifat dan karakternya. Sengaja atau tidak disengaja, kita akan bertemu orang-orang yang suka meremehkan karena alasan apa pun. Hal ini tentu tak menyenangkan, dan akan meninggalkan rasa sakit hati tersendiri.

Namun bukan berarti kita tidak pernah bertemu dengan orang-orang yang tidak suka meremehkan orang lain. Orang-orang seperti ini biasanya memiliki sifat atau tanda sikap tertentu di dalam dirinya. Ini sekian tanda jika seseorang tidak suka menyepelekan atau merendahkan orang lain.

1. Punya kebaikan hati

Orang yang memiliki kebaikan hati akan secara alami menghindari tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan prinsip moral yang ia miliki, misalnya dengan menjatuhkan, meremehkan atau mencelakai orang lain. Ia membentuk nilai-nilai kebenaran yang positif di dalam dirinya sehingga tidak merasa bahwa merendahkan orang lain adalah perbuatan yang layak ditunjukkan.

2. Memiliki empati

Jika seseorang memiliki empati di dalam hatinya, akan secara alami ia terdorong untuk menjaga perasaan dan hati orang lain dari sikap dan ucapan buruknya. Ia tidak ingin menyebabkan kesedihan, rasa sakit hati atau tidak nyaman karena perlakuan yang tidak pantas. Ia lebih suka membangun hubungan baik dengan cara menjaga martabat dan menghargai satu sama lain daripada menjatuhkan orang lain.

3. Kepercayaan diri yang kuat

Seseorang yang percaya diri tidak perlu merasa terancam oleh orang lain, baik kehadirannya maupun kemampuan dan kelebihan mereka. Ia akan merasa aman dan nyaman dengan kemampuannya sendiri sehingga tidak perlu merendahkan orang lain agar merasa superior. Justru ketika orang merasa percaya diri, maka ia akan terbuka dalam menyambut orang lain yang memiliki keterampilan atau kelebihan tertentu karena ia bisa belajar hal baru dari orang yang ia kenal.

4. Sikap positif

Orang dengan pandangan positif pada umumnya lebih fokus pada hal-hal baik dalam hidup. Ia cenderung melihat potensi dalam diri orang lain dan ingin membantu mereka berkembang ketimbang menjatuhkan atau menyepelekan. Memiliki isfat positif akan mencegah seseorang berniat buruk terhadap orang lain. Ia tahu dirinya tidak akan suka diperlakukan buruk, oleh karena itu, ia tidak akan memperlakukan orang lain dengan buruk.

5. Menghargai keberagaman

Secara alami manusia diciptakan berbeda-beda, tidak perlu meremehkan atau menyepelekan orang lain hanya karena kita berbeda, apalagi soal rezeki, hidup jalan, ujian dan cobaan serta apa pun yang terjadi di luar kuasa kita. Orang yang tidak suka meremehkan atau menyepelekan orang lain mampu menghargai siapa pun dengan segala pengalaman dan cerita hidupnya. Ia tak perlu membanding-bandingkan agar merasa benar atau unggul.

6. Tidak ingin dapat 'getahnya'

Beberapa orang percaya bahwa jika mereka bersikap buruk kepada orang lain, maka hal buruk akan menimpa mereka pada akhirnya. Seperti hukum tabur tuai, apa yang mereka tanam itulah yang akan mereka petik. Jika bersikap buruk dengan meremehkan dan menyepelekan orang lain, bisa jadi mereka akan mengalami hal lebih menyakitkan dari itu. Karena itu, orang-orang lebih memilih berbuat baik dan positif agar tidak dapat getah buruk dari perbuatannya sendiri, dan hanya hal baik yang datang padanya.

7. Membangun hubungan yang baik

Menjatuhkan orang lain bisa merusak hubungan persaudaraan dan menciptakan permusuhan. Sebaliknya, dengan bersikap baik dan saling menghargai, kita bisa membangun hubungan yang positif dan saling mendukung. Lagipula kita tidak pernah tahu siapa yang akan berada di atas dan siapa yang di bawah. Bisa jadi kita akan butuh bantuan orang yang kita rendahkan atau orang yang pernah merendahkan kita butuh bantuan kita, padahal dulu pernah mengejek dengan sangat culasnya.

Itu dia sekian tanda jika orang tidak suka merendahkan dan menyepelekan orang lain. Jangan jadi salah satunya?

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading