Sukses

Lifestyle

5 Pelajaran Hidup Bermakna yang Seringkali Tidak Didapat di Sekolah

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita menyadari ada banyak hal yang kita temukan dalam hidup ternyata tak pernah diajarkan di sekolah. Apa yang dulu pernah kita pelajari di sekolah ternyata hanya sekian persennya saja yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sisanya kita belajar dari pengalaman dan kisah orang-orang dan mencari sendiri. Meski demikian kita juga tak bisa mengabaikan betapa pentingnya pelajaran dari sekolah. Tapi pada akhirnya kita akan selalu belajar banyak hal-hal yang tak diajarkan di sekolahan. Ini dia beberapa hal tersebut. 

1. Tanggung jawab dan komitmen

Kita mungkin tidak menyadari hal ini sebelum terjun langsung menjalani kehidupan di dunia nyata sebagai orang dewasa. Tapi kita perlahan akan menyadari bahwa dunia itu tidak adil, sehingga butuh banyak usaha dan kerja keras untuk mendapatkan sesuatu. Bahkan kita tak ditekankan betapa pentingnya memiliki tanggung jawab dan komitmen yang kuat dari hati. Tanpa itu semua, segala pengetahuanmu tentang biologi, matematika, bahasa inggris dan segalanya tak akan berguna. Bahkan IQ tinggi tak akan sebanding dengan EQ yang tinggi.

2. Kegagalan adalah cara untuk bertumbuh

Terkadang kita tak belajar banyak tentang kegagalan di sekolah. Bagaimana rasa malu, minder, putus asa, menyalahkan diri sendiri dan meragukan diri sendiri bisa sangat menghambat untuk berkembang. Kita tak menyadari bahwa kegagalan adalah cara untuk belajar hal baru dan bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Kita diminta meraba sendiri apa "gunanya" mengalami kegagalan dan melatih diri sendiri untuk bangkit dan mau berusaha lagi.

3. Belajar menerima kenyataan

Apakah kita pernah diajarkan hal untuk menerima kenyataan ketika sekolah? Bisa saja tidak, tapi kita belajar secara perlahan ketika harapan dan ekspektasi kita tak sesuai kenyataan. Itu pasti menyakitkan dan mengecewakan, beberapa orang bahkan marah-marah dan menyalahkan orang lain. Tapi mau bagaimana pun dunia tetap berjalan tanpa peduli penderitaan dan kekecewaanmu. Jadi semua tergantung dirimu sendiri, mau bangkit dan menerima kenyataan atau berlarut-larut dengan kekecewaan.

4. Realistis dalam membuat impian

Kita mungkin pernah mendengar pesan di sekolah untuk "bercita-citalah setinggi langit" atau "harapan besar untuk mengejar impian". Kalimat itu akan terhempaskan oleh kenyataan dengan segala lika-likunya yang kejam. Kamu akan bertemu dengan momen-momen tak menyenangkan yang membuat terluka atau menangis. Kita belum pernah diajarkan untuk memiliki impian yang realistis sesuai dengan kemampuan. Mungkin boleh bermimpi setinggi langit jika sebanding dengan usaha keras yang dikeluarkan. Tapi jarang orang yang seperti itu.

5. Kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu sendiri

Perlu disadari bahwa kita tak bisa menggantungkan harapan kepada orang lain, apalagi berusaha menemukan pasangan yang "bisa membuat bahagia". Itu tidak realistis, karena kebahagiaan adalah tanggung jawab diri sendiri. Kamu merasa bahagia karena tahu apa yang kamu mau, paling membuatmu nyaman, puas atau membuatmu tertawa lepas. Orang lain sibuk membahagiakan dirinya sendiri, jadi mengapa kamu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain?

Itu dia beberapa pelajaran hidup yang terkadang tidak kita dapatkan di sekolah tapi kita temui setiap saat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading