Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap Orang yang Iri Dengki dengan Kesuksesan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Ketika seseorang tidak memiliki hati yang tulus dan dipenuhi oleh energi negatif, maka akan dengan mudah pula ia merasa iri dengan kesuksesan atau keberhasilan orang lain. Di pikirannya hanya ada keinginan untuk melihat sisi buruk dari segala hal dari kebaikan orang lain, termasuk kesuksesan mereka. Terkadang orang-orang yang iri dengan kesuksesan orang lain akan menunjukkan tanda-tanda sikap yang kurang baik, seperti sekian tanda berikut ini.

1. Suka merendahkan orang lain

Orang yang gampang iri terhadap kesuksesan orang lain biasanya mudah berprasangka buruk terhadap siapa pun yang ia lihat tampak memiliki pecapaian tertentu. Ia akan mudah menjatuhkan atau merendahkan kesuksesan orang lain demi membuat dirinya sendiri merasa lebih baik. Kalimat seperti "Oh, dia bisanya cuma gitu doang?" atau "Kalau begitu saja sih aku juga bisa", menjadi pertanda rasa iri di hati.

2. Membanding-bandingkan pencapaian

Tentu saja, kesuksesan itu relatif di mata setiap orang. Bahkan setiap orang bisa saja memiliki definisi sukses yang berbeda-beda dalam hidupnya. Tapi jika orang gampang iri dengan kesuksesan orang lain, secara alami akan tumbuh rasa persaingan yang tidak sehat di hati. Ia akan membanding-bandingkan lebih baik mana antara pencapaiannya dan pencapaian orang lain. Itu caranya mencari validasi karena tak mau kalah saing.

3. Mengecilkan kesuksesan orang lain

Kata-kata orang yang iri dan dengki dengan keberhasilan seseorang selalu memiliki pola yang jelas. Mereka mungkin berusaha tampak biasa saja, tapi sebenarnya sedang mengabaikan dan mengecilkan keberhasilan orang lain. Mungkin sekilas kata-katanya terkesan lucu, tetapi ada nada persaingan yang sulit untuk diabaikan. Ia mengecilkan pencapaian orang lain dan melebih-lebihkan pencapaiannya di depan banyak orang.

4. Suka pamer barang yang dimiliki

Orang-orang yang gampang iri dan dengki juga punya kebiasaan yang "unik", yaitu suka pamer barang-barang yang dimiliki. Beberapa orang mungkin memamerkan pencapaiannya untuk membuktikan diri kepada orang-orang yang suka meremehkannya, hal ini cukup bisa dimengerti. Tapi orang yang murni iri dengan kesuksesan orang lain akan mencari cara pamer agar terlihat lebih unggul dan menonjol dari siapa pun.

5. Tidak bahagia melihat orang lain sukses

Ketika ada kabar baik tentang tetangga yang akan berangkat umroh atau jalan-jalan ke luar negeri, ia akan secara terus terang menunjukkan sikap kesal dan tidak senang. Memang ada orang-orang yang justru benci mendengar kesuksesan orang lain karena merasa iri dan dengki. Ia tak akan ikut bahagia apalagi merayakan keberhasilan orang lain, tapi justru merasa benci sekali melihat kesuksesan orang lain.

6. Mudah berkomentar buruk

Daripada berkomentar baik dan memuji dengan tulus, ia justru melihat sisi buruk dan negatif dari segala hal, termasuk suka berkomentar buruk atas keberhasilan orang lain. Ia juga terlihat suka omong besar padahal sebenarnya tidak memiliki banyak pencapaian. Ia berkomentar buruk dengan menebar gosip, prasangka, dan tuduhan tanpa bukti nyata hanya untuk menjatuhkan dan merendahkan pencapaian orang lain.

7. Merayakan kegagalan orang lain

Ketika melihat kehidupan orang lain yang lebih sukses darinya pada akhirnya mengalami kegagalan, ia justru merasa bahagia dan merayakannya. Orang seperti ini jelas merasa iri dan dengki dengan kesuksesan seseorang. Ia justru tertawa di atas penderitaan orang lain, mengatakan hal-hal buruk dengan mudah atau mungkin mencoba memberikan kata-kata nasihat yang menggurui, padahal hanya ingin menjatuhkan. Ia bahagia karena kegagalan orang lain.

Itu dia beberapa tanda orang yang iri dan dengki dengan kesuksesan orang lain. Semoga kita tidak menjadi salah satunya ya, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading