Sukses

Lifestyle

7 Tips Mindful Eating untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sering merasa sulit berkonsentrasi? Apakah pikiran Sahabat Fimela terus-menerus berpacu sehingga sulit untuk tetap berada di masa kini? Di dunia yang serba cepat, banyak dari kita bergumul dengan gangguan dan kurangnya perhatian. Namun, ada praktik ampuh yang dapat membantu, yakni menggunakan mindful eating. Tips ini mengajarkan bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu secara keseluruhan.

Mindful eating mendorong Sahabat Fimela untuk menghilangkan gangguan saat makan. Ketika tidak melakukan banyak tugas atau menelusuri ponsel saat makan, kamu dapat sepenuhnya fokus pada makanan. Dari pada terburu-buru, makan dengan penuh kesadaran akan membuat kamu menikmati setiap gigitan. Hal ini membantu melatih pikiran untuk berkonsentrasi pada satu waktu. 

Makan dengan penuh kesadaran adalah kunci untuk mengoptimalkan fungsi kognitif dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dengan menerapkan kebiasaan ini, Sahabat Fimela dapat mengisi otak secara efektif, meningkatkan konsentrasi, dan unggul dalam pekerjaan. Melansir dari iyurved.com, di bawah ini adalah tips mindful eating untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi secara maksimal.

1. Melibatkan indra

Luangkan waktu sejenak untuk benar-benar berinteraksi dengan makananmu. Mulailah dengan mengapresiasinya secara visual. Perhatikan warna-warna cerah di piring, susunan bahan-bahannya, dan bagaimana cahaya menyinari permukaan makanan Sahabat Fimela. 

Tarik napas dalam-dalam dan nikmati aromanya. Biarkan aroma dari makanan memenuhi indra dan pikirkan bagaimana perasaan Sahabat Fimela. Apakah itu menghibur, menyegarkan, atau membuat nostalgia?

2. Makan tanpa gangguan

Jadikan lingkungan makan Sahabat Fimela sebagai tempat perlindungan perhatian. Mematikan televisi, simpan ponsel, dan ciptakan ruang makan khusus, bebas dari kekacauan dan gangguan. Saat makan tanpa gangguan, kamu membiarkan diri fokus sepenuhnya pada makanan. Hal ini berarti kamu dapat menikmati setiap gigitan, menghargai pengalamannya, serta benar-benar menyehatkan tubuh dan pikiran Sahabat Fimela.

3. Kunyah secara perlahan dan menyeluruh

Makan dengan penuh kesadaran mendorong Sahabat Fimela untuk memperlambat kecepatan makan. Dari pada terburu-buru menghabiskan makanan, luangkan waktu untuk mengunyah setiap gigitan secara perlahan dan menyeluruh. Saat kamu mengunyah, perhatikan rasa dan tekstur makanan. Apakah renyah, halus, atau berbutir? Bagaimana rasa di lidah dan gigimu?

4. Perhatikan tekstur

Selidiki lebih dalam pengalaman sensorik makan dengan memperhatikan tekstur makanan Sahabat Fimela. Pada setiap gigitan, perhatikan bagaimana teksturnya berubah. Apakah ada bagian luar yang renyah kemudian digantikan dengan bagian dalam yang lembut? Apakah saus yang lembut melengkapi hidangan dengan tekstur yang bervariasi?

5. Mendengarkan sinyal tubuh

Sepanjang makan, berlatihlah mendengarkan sinyal tubuhmu. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri, apakah benar-benar lapar sebelum mulai makan. Apakah Sahabat Fimela makan karena kebiasaan, stres, atau bosan?

Saat kamu makan, berhentilah secara berkala untuk menilai tingkat kenyang. Apakah Sahabat Fimela sudah merasa puas atau masih merasa lapar?

6. Ungkapkan rasa terima kasih

Luangkan waktu sejenak sebelum Sahabat Fimela mulai makan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas makanan kamu. Pertimbangkan perjalanan makanan dari bahan yang dibeli di pasar ke dapur, upaya yang dilakukan dalam persiapannya, dan nutrisi yang disediakan. 

Praktik bersyukur ini dapat meningkatkan hubungan Sahabat Fimela dengan makanan, membuat kamu lebih sadar akan pentingnya makanan tersebut dalam hidup. Ini adalah pengingat untuk makan dengan penghargaan dan rasa hormat terhadap nutrisi yang diberikan untuk tubuh dan pikiran.

7. Kontrol porsi makanan

Makan dengan penuh kesadaran bukan hanya tentang apa yang Sahabat Fimela makan, tetapi juga seberapa banyak kamu makan. Salah satu aspek penting dari praktik ini adalah menyadari ukuran porsi. Kontrol porsi yang cermat memungkinkan kamu menikmati makanan tanpa makan berlebihan. 

Dengan ini membantu Sahabat Fimela mencapai keseimbangan antara memberi nutrisi pada tubuh dan menghindari konsumsi berlebihan, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan pola makan yang tidak ada gunanya.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading