Sukses

Lifestyle

5 Tips yang Bisa Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

Fimela.com, Jakarta Berpikir logis adalah tindakan menganalisis suatu situasi dan menghasilkan solusi yang masuk akal. Mirip dengan berpikir kritis, berpikir logis memerlukan keterampilan penalaran untuk mempelajari suatu masalah secara objektif, yang memungkinkan Sahabat Fimela membuat kesimpulan rasional tentang bagaimana kelanjutannya. Ingatlah bahwa keterampilan berpikir logis yang dikembangkan dengan baik juga meningkatkan keterampilan seperti berpikir analitis, penalaran, matematika, dan pemecahan masalah. 

Berpikir logis menjadi hal yang penting karena dapat membantu Sahabat Fimela dalam mengambil keputusan, memecahkan masalah, menghasilkan ide-ide kreatif, dan menetapkan tujuan, semuanya diperlukan untuk mengembankan karier. Baik kamu baru saja memasuki dunia kerja atau ingin memajukan karier, Sahabat Fimela akan menghadapi tantangan setiap hari yang memerlukan keterampilan penalaran logis. Semakin kuat kemampuan berpikir logis, semakin mudah menemukan solusi dan rencana yang bermanfaat untuk kamu,

Seperti hampir semua keterampilan, logika juga dapat ditingkatkan dan dikembangkan melalui latihan dan aktivitas yang tepat. Melansir dari indeed.com, di bawah ini adalah tips yang dapat Sahabat Fimela lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis.

1. Luangkan waktu untuk hobi kreatif

Upaya kreatif seperti menggambar, melukis, menulis, dan bermain musik dapat menstimulasi otak serta membantu meningkatkan pemikiran logis. Berpikir kreatif secara alami mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang dapat membantu Sahabat Fimela menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya mempelajari alat musik baru, membutuhkan pemikiran dan konsentrasi yang mendalam. Keterampilan berpikir logis yang kamu peroleh dari proses ini dapat membantu mendekati pekerjaan dengan lebih sungguh-sungguh, mengembangkan kemampuan untuk memecahkan lebih banyak masalah dengan fleksibilitas dan kemudahan.

Selain itu, hobi kreatif membantu mengurangi stres. Ketika tingkat stres dapat dikendalikan, kemungkinan besar kamu akan lebih mudah fokus dan membuat keputusan yang logis. Sahabat Fimela dapat menangani stres dengan berbagai cara, tetapi mengembangkan pikiran kreatif sangatlah produktif yang dapat mendukung kehidupan pribadi  lebih profesional.

2. Berlatih bertanya

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat kemampuan berpikir logis adalah dengan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang biasanya kamu terima sebagai fakta. Mengajukan pertanyaan secara teratur membantu Sahabat Fimela melihat situasi secara lebih menyeluruh, memungkinkan kamu mendekati masalah dengan lebih logis dan kreatif.

Mengajukan pertanyaan juga sering kali dapat menghasilkan penemuan tentang topik yang belum pernah kamu pertimbangkan sebelumnya, yang mungkin mendorong kamu untuk mengeksplorasi lebih jauh. Sahabat Fimela bisa menggunakan cara ini di mana saja, terutama di tempat kerja. Pertimbangkan sebuah departemen di tempat kerja yang tidak dikenal dan buatlah daftar pertanyaan yang membantumu memahami tujuannya.

Misalnya, jika kamu bekerja di bagian penjualan dan ingin mengetahui lebih banyak tentang optimasi search engine, pertimbangkan untuk meminta seseorang di departemen tersebut melakukan wawancara informasi singkat guna mempelajari lebih lanjut tentang proyek dan proses mereka saat ini. Hal ini dapat membantu kamu berpikir lebih logis tentang peran di tempat kerja yang berkaitan dengan tim tersebut.

3. Bersosialisasi dengan orang lain

Membangun hubungan dengan orang lain dapat memperluas perspektif, memberi kamu lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berpikir logis. Ketika Sahabat Fimela mengenal seseorang lebih baik dan mempelajari sudut pandangnya, ini mungkin membantu kamu menghadapi masalah sehari-hari dengan cara yang baru dan berbeda.

Ada banyak untuk menginvestasikan waktu dalam membangun hubungan, mulai dari berpartisipasi dalam aktivitas yang disukai hingga sekadar makan siang atau bertemu sambil minum kopi bersama secara rutin. Semakin logis kamu menangani masalah, semakin mudah kamu memajukan karier dalam kehidupan.

4. Mempelajari keterampilan baru

Mempelajari keterampilan baru juga dapat membantu Sahabat Fimela mempertajam kemampuan logika. Ketika kamu mengambil kesempatan untuk belajar sesering mungkin, kamu dapat menerapkan tingkat pemikiran yang sama pada pekerjaan. 

Misalnya, kamu mungkin memutuskan untuk mulai mempelajari bahasa pengkodean baru, sebuah proses yang memerlukan pemikiran dan perencanaan yang cermat. Berlatih setiap hari tidak hanya akan membantu menempatkan kamu dalam pola pikir untuk menghadapi suatu masalah dengan bijaksana, tetapi juga akan mengembangkan keterampilan baru yang akan membantu memajukan karier Sahabat Fimela. 

5. Cobalah untuk mengantisipasi hasil keputusan

Saat berupaya memperkuat keterampilan berpikir logis, ada baiknya untuk mempertimbangkan dampak apa yang mungkin timbul dari keputusan kamu di masa depan. Semakin dekat kamu memperhatikan hasil keputusan, maka semakin mudah prosesnya. 

Misalnya, ketika kamu menemukan solusi untuk suatu masalah di tempat kerja, cobalah memikirkan apa hasilnya. Pada akhirnya, Sahabat Fimela akan lebih mudah memikirkan hasil langsung dan jangka panjang dari keputusan kamu, yang merupakan aspek penting dari pemikiran logis.

Keterampilan logika dapat mudah diperkuat dengan latihan sehari-hari. Ketika kamu menerapkan latihan ini secara teratur, Sahabat Fimela akan mulai secara alami mengambil keputusan sehari-hari dengan perspektif yang lebih logis.

 

Penulis: Miftah DK.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading