Sukses

Lifestyle

Mengenal 4 Tipe Introvert yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Introvert biasanya menemukan kenyamanan dalam pikiran dan perasaan mereka sendiri atau internal daripada eksternal. Introvert disebut sebagai kebalikan dari ekstrovert dari segi gampangnya. Sebagai cara untuk menggambarkan kepribadian seseorang dan cara mereka berhubungan dengan dunia. Biasanya introvert lebih mengutamakan apa yang ada dalam dirinya dibanding pihak luar untuk ikut campur terhadap dirinya.

Introvert dianggap sebagai seberapa terbuka atau tidaknya seseorang. Introvert sering dikaitkan dengan pribadi yang pemalu dan pendiam. Namun, ekstrovert dengan introvert adalah arah umum energi psikis. Introvert dianggap memiliki hal-hal yang mengarah ke dalam pikiran mereka sendiri dibandingkan dengan mereka yang secara konsisten fokus ke luar pada objek eksternal. 

Faktanya ada 4 tipe introvert yang jarang diketahui oleh orang banyak. Cobalah pelajari keempat tipe introvert berikut agar kamu bisa mengerti perbedaanya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Social Introvert

Introvert juga seorang yang mudah bergaul. Social introvert seringkali dikira sebagai pribadi ekstrovert. Seperti namanya, social introvert sangat senang beradaptasi dengan orang lain. Social Introvert sangat suka bersosialisasi dan berbagi pendapat. Social introvert juga mudah bergaul meski membutuhkan tenaga ekstra dan waktu re-charge yang lama. Maka dari itu, jika seorang social introvert sudah bertemu cukup banyak orang, maka akan lama pula dirinya menyendiri dalam beberapa waktu. Jangan heran jika wajahnya mendadak muram dan merasa tertekan. Seorang social introvert akan mudah sekali silent treatment jika dirinya mulai risih. 

Anxious Introvert

Seorang anxious introvert adalah pribadi yang sangat menghindari keramaian. Dirinya akan merasa tertekan karena sering mengalami rasa khawatir. Khawatir akan timbul dari dalam dirinya jika sudah mulai merasa canggung jika bertemu dengan orang lain. Ketika sudah mulai canggung dengan tidak terkendali, maka dirinya akan cemas. Maka dari itu, disebut sebagai anxious introvert yang lebih nyaman jika menyendiri, karena takut akan rasa cemas dan canggung yang menyebabkan khawatir. 

Thinking Introvert

Seperti namanya, seorang thinking introvert adalah penganalisa. Terkadang tepat sasaran namun, terkadang seperti negative thinking. Thinking introvert adalah pemikir yang suka menganalisa suatu situasi. Percakapan dengan orang lain, tingkah laku, ataupun mimik wajah menjadi point utama dalam penglihatannya. Thinking introvert cenderung seperti pribadi yang overthinking dan suka tenggelam dalam fantasinya sendiri. 

Restrained Introvert

Jarang disadari, seorang restrained introvert adalah pribadi yang santai. Kalem dan tidak gegabah dalam bertindak adalah keunggulannya. Sifatnya yang santai dan disenangi oleh orang lain, membuat dirinya lebih terlihat bijaksana. Butuh waktu lama bagi seorang restrained introvert untuk berpikir dan memutuskan suatu hal. Hal ini bisa terbilang baik dan juga buruk dalam waktu yang bersamaan. Ada kalanya keputusan harus diambil dengan segera dan seorang restrained introvert cenderung akan mengikuti orang lain yang lebih unggul. 

Nah itu dia 4 macam introvert yang wajib kamu ketahui. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, maka hal itu adalah fakta keunikan yang kamu miliki. Bersyukur dan terima dirimu sebagaimana adanya. Semua orang memiliki keunikannya tersendiri. Tetap jadi dirimu yang positif ya! Semoga bermanfaat. 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading