Sukses

Lifestyle

5 Tips Menghilangkan Rasa Mengantuk dalam Kegiatan Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Mengantuk menjadi salah satu alasan bagi seseorang yang sering dilanda kesibukan. Kesibukan yang biasanya membuatmu kurang waktu yang cukup untuk tidur atau beristirahat. Rasa ngantuk bisa menimbulkan malas yang berkepanjangan dan membuat kamu kurang bisa berkonsentrasi setiap melakukan suatu pekerjaan. Hal ini tentu saja dapat menghambat dan mengurangi hasil pekerjaan sehingga membuatnya menjadi kurang maksimal. Tidak sedikit orang yang mengalihkan rasa kantuknya dengan mengonsumsi kopi. Hal ini tentu saja dapat menghambat kesehatan karena kafein yang berlebihan dapat membuat pencernaanmu terganggu. Ada baiknya jika kamu ganti kebiasaan yang buruk dari meminum kopi menjadi lebih sehat seperti berikut. 

1. Tidur Cukup dan Optimal

Optimalkan tidur yang cukup dengan durasi jam yang optimal. Seperti jangan diatas jam sembilan malam kamu harus sudah menghentikkan kegiatan dan menjadikannya waktu beristirahat. Baik bagimu jika tidur cukup. Hal ini dapat membuat kamu lebih segar saat melakukan produktivitas sehari-hari. Tidur yang cukup juga bisa membuat kamu lebih teratur dan menghindari kantung mata yang menghitam. Jika kamu kurang waktu tidur, maka bawah mata akan menghitam dan membuat penampilan kurang maksimal. Hal ini tentu saja dapat mengganggu tingkat profesionalitas dalam bekerja. Maka, lebih baik jika kamu mulai memperhatikan jam tidur. 

2. Makan dan Minum yang Cukup

Kamu bisa mengonsumsi makanan secukupnya dengan tidak berlebihan. Ketika kamu makan berlebihan kamu akan mudah mengantuk karena terlalu kenyang. Jika kamu makan berlebihan justru akan membuatmu lebih cepat mengantuk maka dari itu, lebih baik jika kamu mengatur skala makan agar tidak terlalu kenyang. Cobalah konsumsi sayur yang segar agar pencernaanmu juga bisa sehat. Kamu juga harus memperhatikan berapa liter air yang kamu konsumsi setiap harinya agar tubuhmu tetap terjaga mineralnya. Air mineral akan membuatmu jauh lebih bersemangat dan tidak mudah lesu. Kamu bisa konsumsi air mineral ataupun air yang berperisa sesekali agar lebih semangat. 

3. Mandi

Ketika kamu mandi kamu akan terasa lebih segar dan bersih sebelum beraktivitas. Kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu agar rasa mengantuk bisa hilang. Dengan mandi, kulit dan tulangmu akan terangsang kembali untuk menjalani aktivitas dan kesibukan yang melanda. Gunakkan sabun atau parfum yang bervariasi dan dapat menjadi semangatmu dalam menjalani hari-hari yang terkena polusi dan debu. Wangi favoritmu dapat menjadi semangat saat kamu melakukan aktivitas. Jadi, jangan lupa mandi dan mencuci muka ya sebelum beraktivitas. 

4. Stretching atau Perenggangan Badan

Lakukan stretching atau perenggangan badan yang bisa membuat tulang lebih rileks dan tubuh tidak mudah pegal. Baik bagimu untuk melakukan perenggangan setiap satu jam ketika kamu non-stop duduk di kursi sambil menatap layar laptop. Kamu juga bisa menerapkan duduk tegak. Duduk tegak bisa membuat kamu lebih menjaga postur tubuh agar tidak membungkuk. Terkadang, secara tidak sadar kamu akan terbiasa membungkuk menjadikan postur tubuhmu kurang tegap. 

5. Makan atau Mengunyah Permen

Cobalah untuk mengunyah permen karet. Hal ini akan membuat wajahmu tetap tirus dan jauh dari rasa kantuk. Dengan mengunyah permen karet atau makan permen yang berperisa, kamu akan menjadi bersemangat dan ada kegiatan. Jadi cobalah untuk mengunyah permen karet ketika kamu mulai merasa kurang bersemangat. 

Nah itu dia beberapa tips dan trick yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari rasa kantuk. Baik bagimu jika menerapkan suatu pola kebiasaan yang positif agar produktivitasmu tidak terganggu. Dengan pola kehidupan yang produktif dan teratur, kamu akan semakin profesional dalam melakukan pekerjaan. Tetap semangat dan semoga bermanfaat. 

Penulis: Yosefin Natalie 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading