Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Mudah Mengantuk Meski Sudah Tidur Cukup

Fimela.com, Jakarta Mengantuk adalah hal yang normal bagi setiap orang di sepanjang harinya, terutama setelah ia melakukan aktivitas yang padat. Namun mengantuk terkadang juga membuat kita kesulitan untuk melakukan aktivitas normal sehari-harinya.

Yang kita tahu bahwa penyebab kantuk yang berlebihan karena kurangnya tidur dan kualitas tidur yang buruk. Akan tetapi ternyata ada beberapa kasus, kantuk juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.

Rasa kantuk disiang hari juga dapat menjadi pertanda bahwa kamu kurang tidur atau meningkatkan randa bahaya tentang gangguan tidur dalam kondisi kesehatan lainnya. Maka dari itu pentingnya untuk mengetahui penyebab mudah mengantuk meskipun sudah tidur cukup. Di bawah ini beberapa penyebab mudah mengantuk:

1. Sleep Apnea

Istilah ini berarti pernapasan berhenti atau berhenti bernapas. Selain itu sleep apnea adalah kondisi yang berpotensi serius dimana kamu akan berulang kali berhenti dan mulai bernapas sepanjang malam. Tentunya hal ini juga dapat membuat merasa kantuk di siang hari.

Selain itu sleep apnea juga memiliki beberapa gejala lain. Berikut diantaranya :

  • Mendengkur keras dan terengah-engah saat tidur.
  • Sakit tenggorokan dan sakit kepala saat bangun tidur.
  • Memiliki sifat yang mudah marah.

Selain itu sleep apnea juga dapat menyebabkan tekanana darah tinggi an masalah jantung lainnya, serta diabetes tipe 2 dan obesitas. Ternyata ada dua jenis sleep apnea, keduanya juga dapat menyebabkan kantuk yang berlebih. Hal ini dikarenakan kamu tidak merasa nyenyak dan cukup tidur di malam hari. Berikut jenis sleep apnea yang perlu kamu tahu :

  • Obstructive Sleep Apnea (OSA) : Hal ini terjadi ketika jarinfan di belakang tenggorokan rileks saat kamu tidur dan sebagian menutupi jalan napas.
  • Central Sleep Apnea (CSA) : Hal ini terjadi ketika otak tidak mengirim saraf yang tepat untuk sinyal ke otot-otot yang mengontrol pernapasan saat kamu tidur.

2. Sindrom Kaki Gelisah

Pernah dengar sindrom satu ini? Setiap orang pasti pernah mengalami sindrom kaki gelisah. Hal ini tentunya dapat menyebabkan dorongan yang tak tertahankan dan tidak nyaman untuk menggerakan kaki.

Selain itu kamu dapat mengatasinya dengan berbaring dengan tenang ketika mulai merasakan sensasi denyutan atau gatal di kaki. Namun kamu jangan khawatir karena hal ini dapat membaik saat kamu bangun dan berjalan. Ternyata sindrom kaki gelisah juga dapat menyebabkan kantuk berlebihan.

3. Narkolepsi

Narkolepsi merupakan gangguan sistem saraf yang dapat menyebabkan rasa kantuk berlebihan pada siang hari secara tiba-tiba. Seseorang yang mengalami narkolepsi akan terbangun beberapa kali (seperti insomnia).

Kemudian pada siang hari mereka akan mengalami kantuk yang berlebihan. Penyebab narkolepsi belum diketahui secara srius namun dapat melibatkan faktor genetok dan sinyal abnormal dalam otak.

4. Depresi

Penyebab mudah mengantuk salah satunya adalah gejala depresi. Ketika kamu mengalami depresi biasanya akan menghabiskan waktu lebih banyak tidur maupun kurang tidur. Jika kamu tidak tidur nyenyak di malam hari tentunya akan mengalami kantuk yang berlebihan di siang hari.

Terkadang perubahan tidur merupakan sebuah tanda awal depresi bagi orang lain. Selain itu perubahan kebiasaan tidur juga dapat etrjadi setelah tanda-tanda lain muncul. Depsesi memiliki banyak penyebab potensial. Termasuk tingkat dari beberapa bahan kimia dan mengganggu masalah otak.

5. Penuaan

Ternyata sebagain orang tua atau lanjut usia (lansia) sering menghabiskan banyak waktu di tempat tidur namun mereka mendapatkan kualitas tidur yang rendah. Kualitas tidur juga akan menurun pada orang dewasa. Seiring bertambahnya usia maka kita akan mengalami sedikit waktu dalam berbagai jenis tidur di malam hari.

6. Efek Samping Obat-Obatan

Beberapa obat juga dapat menyebabkan kantuk sebagai salah satu efek sampingnya. Berikut beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kantuk berlebih :

Beberapa obat yang emngobati tekanan darah tinggi.

  • Antidepresan.
  • Obat yang mengobati hidung tersumbat (antihistamin).
  • Obat yang mengobati mual dan muntah (antiemetik)
  • Antipsikotik.
  • Epilepsi obat-obatan.
  • Obat yang mengobati kecemasan

7. Hipersomnia Idiopatik

Hypersomnia idiopatik merupakan gangguan neurologis, di mana mereka yang mengalaminya akan merakasan kurang nyenyak saat tidur ealaupun sudha tidur yang cukup lama. Sehingga pada siang hari akan mengalami kantuk yang berlebih.

Nah itulah beberapa penyebab mudah mengantuk meskipun sudah tidur yang cukup. Beberapa memang dapat disebabkan oleh masalah medis. Namun kita juga dapat mengatasinya dengan melakukan pola hidup sehat dan membuat jadwal untuk waktu tidur. Terlebih memperhatikan kenyamanan tidur juga sangat penting lho.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading