Sukses

Health

7 Penyebab Mengantuk Terus Walaupun Tidur Teratur

Fimela.com, Jakarta Mengantuk adalah sebuah kondisi yang sering dialami seseorang, ketika kurang tidur dan tubuh kelelahan. Namun ada beberapa orang yang sangat merasa mengantuk terus menerus, walaupun sudah tidur dengan cukup dan teratur. Hal ini berbahaya bagi kesehatan.

Seseorang yang mengantuk terus, biasanya akan merasakan tubuh yang lelah, kurang fokus, dan tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup. Mengantuk yang dialami manusia ini terjadi karena di dalam otak terdapat kelenjar pineal yang berfungsi untuk memproduksi hormon melatonin, sebagai hormon penyebab mengantuk.

Kalau Sahabat Fimela sering merasakan mengantuk terus, walaupun sudah cukup tidur, sebaiknya segera sadari penyebab mengantuk terus. Konsultasikan kepada dokter agar terhindar dari penyakit yang serius. Berikut penyebab mengantuk terus: :

Penyebab Mengantuk Terus

1. Gaya Hidup Kurang Sehat

Penyebab mengantuk terus yang pertama adalah karena memiliki pola hidup yang kurang sehat, seperti sering begadang, tidur terlalu lama, bangun kesiangan, dan jarang melakukan olahraga. Kebiasaan ini bisa membuat kondisi tubuh menjadi sangat lemah dan kekurangan energi, sehingga membuat mata terasa mengantuk terus.

2. Restless Legs Syndrome (RLS)

Restless Legs Syndrome (RLS) adalah sindrom yang dialami oleh kaki. Sindrom ini merupakan sindrom kaki gelisah, yang membuat seseorang jadi mudah mengantuk. Sindrom ini menyebabkan kaki melakukan gerakan tersentak-sentak setiap 20 hingga 30 detik setiap malam. Sehingga seseorang yang memiliki sindrom ini menjadi susah tidur dan menyebabkan insomnia.

3. Sedang Stres

Kalau kamu memiliki pikiran berat yang menyebabkan stres, maka mengantuk akan mudah menyerang tubuhmu. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap mental, emosional dan psikologismu. Sehingga segera konsultasikan kepada ahlinya, agar stres dan depresimu segera teratasi.

Penyebab Mengantuk Terus yang Selanjutnya

4. Memiliki Gangguan Hiponatremia

Sering mengantuk bisa disebabkan karena memiliki gangguan hiponatremia. Penyakit kronis ini berpengaruh terhadap metabolisme seseorang. Hiponatremia terjadi saat kadar natrium di dalam darah sangat rendah, sehingga menyebabkan orang mengantuk.

5. Memiliki Riwayat Diabetes

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes, akan sering merasakan kantuk terus menerus. Karena kadar gula yang ada di dalam tubuh tidak normal, yang membuat tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Untuk itu, gula yang ada di dalam tubuh harus dikontrol agar selalu seimbang.

6. Efek Samping Obat-Obatan

Mengantuk terus juga bisa disebabkan karena efek samping atau pengaruh dari obat-obatan. Obat-oabatn yang bisa menyebabkan ngantuk adalah antihistamin, obat penenang, obat alergi dan obat tidur. Obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan, tanpa resep dokter. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat-obatan.

7. Sering Mengonsumsi Alkohol

Penyebab mengantuk terus yang terakhir adalah karena sering mengonsumsi alkohol. Minuman ini sangat tidak baik untuk dikonsumsi, krena berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh. Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol akan sangat mudah kelelahan, mengalami pusing dan mengalami gangguan mental.

Cara Mengatasi Mengantuk Terus

Saat merasa mengantuk terus menerus, sebaiknya segera sadari kondisi ini agar terhindar dari penyakit yang serius. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik, seperti tidur 8 jam sehari, mulai dari jam 10 malam.

Lalu lakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin, untuk meningkatkan energi dan sistem metabolisme tubuh, agar tidak mudah merasa kelelahan dan lemas. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan, seperti sayur, buah dan air putih.

Kalau mata terasa mengantuk terus, kamu juga bisa mengompres mata dengan masker mata untuk menyegarkan mata yang lelah, kurangi menatap layar gadget, dan gunakan kaca mata hitam saat berada di luar ruangan, agar aman dari paparan sinar matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading