Sukses

Lifestyle

Kebiasaan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah dan Mengantuk

Fimela.com, Jakarta Beberapa kebiasaan bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk. Mulai dari sarapan yang kurang bergizi, terlalu banyak aktivitas yang membuat tubuh lelah, pikiran yang banyak dan kurangnya tidur pada malam hari.

Agar tubuh tidak lelah dan mengantuk, Sahabat Fimela harus banyak mengonsumsi nutrisi yang cukup, dan mengonsumsi makanan dengan kalori yang sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Kebiasaan melupakan sarapan juga bisa menyebabkan tubuh lelah dan mudah mengantuk.

Pada dasarnya sarapan digunakan untuk membantu tubuh lebih berenergi. Selain mengonsumsi makanan bergizi, tubuh juga harus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, agar tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk, dilansir dari Brillio.net:

Kurangnya Asupan Karbohidrat

Kebiasaan yang bisa membuat tubuh menjadi mudah lemah dan mengantuk, yaitu kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Pada saat sarapan, Sahabat Fimela harus mengonsumsi karbohidrat juga.

Kamu bisa mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti gandum. Karbohidrat bisa membuat perut kenyang lebih lama, tubuh lebih kuat untuk melakukan aktivitas, dan tidak mudah lelah atau mengantuk.

Terlalu Banyak Kafein

Kafein dipercaya bisa membuat tubuh lebih berstamina. Tapi pada dasarnya, terlalu banyak mengonsumsi kafein seperti kopi atau teh, bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah, dan justru membuat mata lebih mudah mengantuk.

Selain membuat tubuh lebih lelah dan mengantuk, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat pikiran menjadi stres, gugup, jantung berdebar, terlalu cemas dan suasana hati menjadi lebih mudah berubah.

 

Melupakan Sarapan

Untuk membuat tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk, Sahabat Fimela tidak boleh melupakan sarapan. Karena sarapan sangat penting untuk menambah energi, pada saat beraktivitas di setiap harimu.

Menurut Sharon Collison, sebagai seorang ahli gizi dan instruktur klinis nutrisi, dari University of Delaware, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa sarapan harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein, biji-bijian, lemak sehat, buah dan sayur.

Kandungan protein dan lemak, bisa membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama. Sedangkan biji-bijian, buah dan sayur, memiliki kandungan serat dan vitamin, yang bisa menjaga energi tubuh dan menguatkan sistem imun.

 

Kurang Mengonsumsi Air Putih

Tubuh yang lelah dan mudah mengantuk, bisa saja disebabkan karena tubuh sedang dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi disebabkan karena kekurangan cairan, atau kurangnya mengonsumsi air putih sehari-hari.

Agar tubuh tidak dehidrasi, konsumsilah air putih kurang lebih 8 gelas sehari, dan kurangi mengonsumsi alkohol serta soda. Karena alkohol dan soda bisa merusak sistem imun tubuh.

Mengonsum Gula

Kebiasaan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah dan mengantuk, yaitu karena terlalu banyak mengonsumi gula. Pada dasarnya gula sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Apalagi kalau yang mengandung gula tambahan pada makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Gula yang baik untuk dikonsumsi adalah gula yang terbuat dari bahan alami, seperti gula yang terkandung dalam buah-buahan. Bukan gula yang terdapat pada kue manis, soda atau alkohol.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku Hukum Terbaik yang Cocok untuk Mahasiswa
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi Gagal Nikah yang Bikin Panik, Ketahui Maknanya