Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Mengantuk setelah Makan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah setelah makan, rasa kantuk menyerang? Khususnya pada jam makan siang, tak jarang setelah makan tubuh ini terasa begitu berat. Berulang kali menguap dan rasanya ingin tidur saja. Akibatnya ketika semestinya kita lebih produktif setelah makan, malah terasa malas untuk melanjutkan aktivitas.

Setelah makan, pankreas kita memproduksi insulin untuk menstabilkan kadar gula darah. Melansir food.ndtv.com, semakin berat makanan yang kita konsumsi, semakin tinggi produksi insulin dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah meningkat. Peningkatakan insulin ini membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon tidur yang diubah menjadi serotonin dan melatonin di dalam otak, yang kemudian menyebabkan rasa kantuk. Meskipun begitu, bukan berarti tak ada cara untuk mencegah rasa kantuk setelah makan.

1. Jalan Kaki Ringan setelah Makan

Setelah makan, sebaiknya tubuh kembali digerakkan. Bisa dengan jalan kaki ringan. Menggerakkan tubuh bisa bantu meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh dan meningkatkan energi tubuh. Jadi, tubuh tidak terasa lemas atau mengantuk setelah makan.

2. Mengunyah Permen Karet

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa letih dan meningkatkan kemampuan untuk terjaga. Mengunyah permen karet mint selama lima menit bisa bantu membuat tubuh terasa berenergi. Jika memungkinkan, usai makan bisa siapkan permen karet untuk dikunyah selama beberapa menit.

3. Minum Air Putih

Dehidrasi bisa menyebabkan rasa letih, menurunkan semangat, dan menyulitkan konsentrasi. Senantiasa cukupi kebutuhan air putih setiap hari agar tidak mudah mengantuk setelah makan.

4. Hindari Makanan Cepat Saji

Biji-bijian rafinasi pada makanan olahan sangat cepat dicerna. Sehingga menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat membuat energi tubuh malah menurun. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji bila tidak ingin mengantuk setelah makan. Pilih menu makanan yang memberi lebih banyak energi, seperti sayur yang mengandung zat besi, protein, dan karbohidrat kompleks.

5. Hindari Gula dan Lemak

Supaya tidak mudah mengantuk setelah makan, hindari gula dan lemak. Gula memang bisa memberi energi pada tubuh dengan cepat tapi bisa membuat kita langsung merasa capek seketika. Bila kesulitan menghentikan kebiasaan ngemil makanan bergula, coba ganti dengan mengonsumsi buah yang memiliki kandungan gula alami yang lebih sehat.

Yang paling penting adalah perhatikan porsi makanannya. Hindari makan sampai membuat perut terasa penuh atau terlalu kenyang, ya. Semoga infonya bermanfaat.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Apa Itu Kalori Defisit dan Mengapa harus Jadi Pedoman Turunkan Berat Badan?
Artikel Selanjutnya
11 Makanan yang Justru Memperburuk Demam dan Pilek