Sukses

Lifestyle

Cara Jitu Mengusir Nyamuk dari Dalam Rumah, Ternyata Semudah Itu Lho

Fimela.com, Jakarta Siapa coba yang nggak risih dengan suara nyamuk berdenging di dalam rumah? Selain suka berisik, nyamuk pun suka hinggap di kulit manusia dan menimbulkan rasa gatal yang kadang nggak tertahankan. Jika nggak segera diusir, bisa-bisa tinggal di rumah jadi hal yang nggak nyaman dan pastinya bikin nggak betah.

Jangan khawatir dulu, ya. Mengusir nyamuk dari dalam rumah itu ternyata hal yang mudah, kok. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara jitu berikut ini biar nyamuk di rumah hilang dan nggak balik lagi. Penasaran? Yuk, baca dulu informasinya di bawah ini.

1. Pakai Kelambu Saat Tidur

Penggunaan kelambu untuk mengusir nyamuk dari dalam rumah sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu. Yup, benda ini biasanya digunakan di dalam kamar tidur sebagai pelindung dari serangga dan hewan kecil, termasuk pula nyamuk. 

Di sisi lain, kelambu sering dipakai karena dinilai aman bagi anak kecil dan orang tua. Meski begitu, menggunakan kelambu sendiri bisa membuat hawa menjadi lebih panas. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan tips ini, sebaiknya pastikan dulu suhu di kamar tidurmu lebih rendah sehingga kamu nggak bakal kepanasan.

2. Gunakan Bahan-Bahan Alami dengan Aroma Kuat

Mengusir nyamuk yang mengganggu pun bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang beraroma kuat. Beberapa bahan alami seperti minyak eucalyptus dan lemon, lavender, serta serai nyatanya kurang disukai oleh nyamuk dan terbukti efektif untuk mengusirnya. Untuk itulah, kamu bisa menggunakan cara jitu ini agar rumah terbebas dari keberadaan nyamuk. 

3. Rajin Bersihkan Setiap Sudut Rumah

Rumah nggak akan dihinggapi banyak nyamuk apabila kamu rajin membersihkannya. Barang-barang yang bertumpukkan, kondisi ruang yang kotor dan penuh debu, hingga pencahayaan yang kurang baik nyatanya jadi alasan mengapa nyamuk nyaman untuk tinggal dan berkembang biak. 

Semakin kotor rumah, maka akan semakin banyak pula nyamuk yang berdatangan. Untuk itu, rajinlah merapikan dan membersihkan setiap sudut di dalam rumah biar kamu bisa hidup tanpa perlu terganggu kehadiran nyamuk lagi.

4. Pakai Lotion Anti Nyamuk

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah adalah rajin memakai lotion anti nyamuk. Aplikasikan lotion anti nyamuk di permukaan kulit. Aroma dari produk ini umumnya kurang disukai oleh nyamuk, sehingga kamu bisa terhindar dari gigitan nyamuk yang mampu menyebabkan gatal-gatal. 

Apabila nyamuk nggak bisa mendapatkan makanannya, otomatis hewan tersebut akan pergi ke tempat lain. Sehingga, populasi nyamuk di rumah kamu akan berkurang dan nggak ada lagi gangguan kurang menyenangkan dari serangga kecil tersebut. 

Itu dia, beberapa tips jitu mengusir nyamuk dari rumah. Dengan mengkombinasikan beberapa metode di atas, kamu pasti dapat secara efektif mengurangi populasi nyamuk di rumah dan mencegah gangguan serta risiko kesehatan yang disebabkan oleh nyamuk. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan bahan pengusir nyamuk alami atau alat yang tepat untuk menjaga rumahmu bebas dari nyamuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading