Sukses

News & Entertainment

Adit Sopo Jarwo: The Movie Jadi Film Animasi Pertama Hanung Bramantyo

Fimela.com, Jakarta Serial animasi yang ikonik pada tahun 2014, Adit, Sopo dan Jarwo kini hadir dalam sebuah prekuel berjudul Adit Sopo Jarwo: The Movie. Film yang bakal tayang mulai 30 April 2021 di Disney+ Hotstar ini menjadi film animasi pertama garapan sutradara Hanung Bramantyo.

Tak sendiri, Hanung ditemani sutradara Eki N.F. untuk membuat Adit Sopo Jarwo: The Movie. Bahkan, ide dasar film tersebut rupanya bukan dari suami Zaskia Adya Mecca itu.

"Kalau inspirasi itu dari Eki. Jadi saat itu saya datang mau ketemu pak Manoj Punjabi (produser film) dan dia berada di tempat pak Eki. Terus pak Manoj nyuruh saya kasih masukan untuk film ini dan tiba-tiba saya disuruh jadi sutradara," tutur Hanung Bramantyo saat preskon virtual, Jumat (30/4/2021).

"Sebetulnya, di balik itu saya mempunyai hasrat terpendam ingin membuat film animasi. Saya dulu sempat mampir di kuliah seni rupa, jadi gores dikit-dikit mah bisa lah. Akhirnya bisa terwujud juga saat ini," tambah Hanung Bramantyo.

Inspirasi

Di acara yang sama, Eki kemudian menjelaskan inspirasinya membuat film ini. Katanya, semua itu berawal dari dialog antara dia dan para penonton setia serial Adit, Sopo, dan Jarwo yang tayang di salah satu televisi swasta.

"Kalau inspirasi sejak lahir 2014 tayang di MNC sebagai series tv. Kita buka ruang dialog pada penonton dan niat disambut dengan baik. Terus penonton bilang gimana kalau serial ini dijadikan film, akhirnya kita usulkan ke pak Manoj Punjabi. Kemudian 2015 mulai proses dan terlaksana pada tahun 2018," kata Eki.

Lebih lanjut Hanung Bramantyo juga mengatakan alasan Adit, Sopo dan Jarwo ini cukup lama digarap. Menurutnya, semua pembuatan film animasi memang membutuhkan waktu yang lama. Sehingga ia menilai hal itu adalah sesuatu yang wajar.

Tentang Film

Berlatar belakang waktu pertama kali Adit, Sopo, dan Jarwo dipertemukan, kisah Adit Sopo Jarwo: The Movie diawali dengan perjalanan Adit dan kedua orangtuanya ke Yogyakarta dengan kereta api. Di tengah perjalanan, Adit pun memutuskan untuk membeli makanan ringan ketika kereta berhenti di Stasiun Cirebon. Tak disangka, saat Adit bergegas kembali, kereta tersebut rupanya sudah berangkat dan alhasil Adit pun tertinggal seorang diri di stasiun.

Jarwo yang merasa iba melihat seorang anak kecil terlantar sendirian di sebuah Stasiun mulai menghampiri anak tersebut. Ini merupakan awal pertemuan Adit mengenal sosok Jarwo, orang asing yang baik hati yang menolongnya dalam pencarian menemukan kedua orangtuanya. Kemudian hadir pula Sopo, seorang porter kereta api, yang mencurigai sikap Jarwo. Karena merasa khawatir, Sopo pun ikut menemani perjalanan Adit dan Jarwo.

Adit yang masih bersedih mulai merasa lebih tenang dan ia pun menceritakan kejadian yang baru saja dirinya alami. Mendengar cerita tersebut, hati Sopo dan Jarwo semakin tergerak untuk membantu dan menolong Adit agar bisa bertemu kembali dengan Ayah dan Ibunya.

Pertemuan yang tak disangka ini menghasilkan sebuah petualangan yang penuh gelak tawa dan kejadian-kejadian yang unik. Lewat pertemuan inilah, ketiganya menjadi semakin akrab dan mengenal satu sama lain lebih dalam. Perbedaan karakter Adit, Sopo, dan Jarwo dalam perjalanan ini dapat menyatukan mereka dan membuktikan hebatnya nilai persahabatan dan sikap saling tolong-menolong.

Saksikan Video Menarik Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Perjuangan Hanung Bramantyo Sebelum Menikah dengan Zaskia Adya Mecca