Sukses

Parenting

Pertolongan pertama untuk bayi yang konstipasi

Fimela.com, Jakarta Siapa bilang konstipasi hanya menyerang orang dewasa. Bayi juga bisa mengalami konstipasi. Sembelit atau konstipasi ini adalah kondisi di mana buang air besar tidak teratur. Jika tidak diobati, sembelit bisa menyebabkan masalah kesehatan lain.

Saat menyerang anak-anak, mereka akan merasa kesakitan karena kotoran yang mengeras susah dikeluarkan. Sembelit pada anak sangat erat kaitannya dengan apa yang ia makan dan minum. Tetap jangan panik, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang menyerang bayimu.

  • Yang pertama perhatikan asupan air untuk si kecil. Pastikan si kecil minum air setidaknya 1 liter dalam sehari. Selain mencegah konstipasi ini akan membuat si kecil selalu terhidrasi dan tetap sehat.
  • Pijat pelan perut bayi, letakkan tanganmu di atas pusarnya dan dengan gerakan searah jarum jam pijat lembut perutnya. Ingat jangan pijat terlalu keras, cukup elus saja dengan lembut.
  • Selain itu, mandi air hangat akan membuat si kecil lebih rileks. Ini akan memungkinkan tubuhnya untuk melepaskan kotoran yang mengeras.

Jika sembelit masih saja berlangsung selama beberapa hari, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Hindari pula memberikan obat sembelit pada anak atau bayi sebelum berkonsultasi dengan dokter.

What's On Fimela
Loading