Sukses

Parenting

Benarkah musik efektif bantu menidurkan bayi?

Fimela.com, Jakarta Kadang menidurkan bayi jadi perkara yang susah. Ini karena bayi tak kunjung mau memejamkan mata. Susah tidur akan membuat sang bayi rewel dan pastinya menambah kelelahan orangtua. Lalu, benarkah musik bisa membantu menenangkan bayi dan membuatnya cepat tidur?

Musik, nada dan harmoni ternyata dapat memelihara otak bayi agar berkembang. Bahkan sebelum anak lahir, penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki efek menguntungkan pada jaringan neuron yang akan menjadi dasar dari pembelajaran mereka kemudian, perkembangan bahasa dan kemampuan bermain musik.

Lalu, musik apa yang pas untuk menidurkan si kecil? Mainkan saja musik lembut dengan volume yang kecil. Musik sangat berguna untuk menenangkan otak anak, pilihlah alunan biola atau piano yang lembut karena bayi akan menangkap itu seperti hal yang bisa menenangkanya.

Dengan mendengarkan musik yang halus, bayi bisa ditinggalkan di tempat tidur dan akan tidur sendiri. Musik tersebut akan menjadi lullaby dan membuatnya merasa mengantuk lalu tertidur. Ini karena tempo yang secara bertahap melambat dengan rentang 70-40 beat per menit dapat mendorong sistem bayi menjadi melambat.

Nah, selamat mencoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading