Sukses

Parenting

Gejala anak kecanduan gadget, ketahui dan cegah sebisa mungkin

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa gadget memang membuat kehidupan kita jadi semakin mudah. Gadget juga memberikan informasi dan juga hiburan yang diinginkan. Sayangnya, jika tak dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, gadget malah akan mengganggu aktivitas. Ini karena kita bisa kecanduan dengan semua kemudahan dan kesenangan yang dihadirkan oleh gadget.

Tak cuma orang dewasa saja, ternyata anak juga bisa kecanduan gadget lho. Anak-anak sekarang ini sudah mahir menggunakan HP bahkan sebelum dia bisa membaca dan berhitung. Berikut ini adalah beberapa tanda si kecil sudah kecanduan gadget. Jika mendapati si kecil mengalami tanda ini sebaiknya segera mengambil tindakan.

Jika si kecil sehari tak memegang gadget dan mulai gelisah dan tidak tenang, maka dia mulai ketagihan. Jika setiap kali senggang anak akan secara otomatis mengaktifkan HP dan mengotak atiknya, maka ini jadi salah satu tanda ia sudah kecanduan.

Gejala lain anak kecanduan gadget adalah ia lebih suka beinteraksi dengan teman di dunia maya seperti mengirim pesan alih-alih berkunjung padahal jarak mereka dekat. Si kecil juga lebih suka mengotak atik HP, entah browsing atau main games saat berkumpul dengan teman. Ia juga memiliki hanya sedikit teman.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan orangtua saat anak mulai kecanduan gadget? Orangtua harus melakukan perjanjian soal seberapa lama anak boleh bermain gadget. Selain itu, sebaiknya diawasi betul, kecanduan gadget yang terlalu berat memang efeknya sengat merugikan.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut