Sukses

Parenting

Awas, gadget berisiko besar sebabkan kerusakan mata pada anak

Fimela.com, Jakarta Penggunaan gadget kini memang makin marak. Anak-anak kecil pun kini sudah akrab dengan gadget. Mayoritas orangtua pun akan memberikan gadget pada anaknya saat mereka mulai rewel. Sayangnya, pemakaian gadget yang berlebihan ini berisiko sebabkan kerusakan pada mata anak.

Orangtua wajib menjaga anak dan mengawasi seberapa sering dia menggunakan gadgetnya. Mata yang terus berkontraksi pada gadget lama kelamaan akan mengalami kerusakan yang biasanya menyebabkan mata anak menjadi minus. Ini karena paparan sinar pada anak terhadap gadget elektronik dapat merusak penglihatan mereka secara serius.

Selain itu, jarak gadget dan mata yang terlalu dekat juga dapat menyebabkan perkembangan miopi (rabun dekat, dimana jarak penglihatan tidak jelas) pada anak yang sebelumnya emmetropic (tidak ada kesalahan bias ) dan juga memperparah miopi mereka jika sebelumnya sudah terkena. Terlalu sering menggunakan gadget juga bisa berakibat sakit kepala, sakit mata dan kekeringan mata.

Memberikan fasilitas pada anak memang boleh saja, namun orangtua sebaiknya selalu memperhatikan pemakaiannya agar efekt-efekt negatif tak sampai terjadi pada si kecil.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Efektif Mengasah Daya Ingat Anak
Artikel Selanjutnya
Berpikir Kritis Bantu Anak Memecahkan Masalah di Masa Depan