Sukses

Parenting

Pertolongan pertama saat si kecil mimisan

Fimela.com, Jakarta Saat si kecil mimisan, ibu akan otomatis panik. Well, mimisan ini bisa muncul kapan saja ketika tubuh kurang fit atau bahkan hanya karena hal sepele seperti menguik bagian hidung, menghembuskan nafas terlalu keras, atau terantuk sesuatu ketika bermain. Meski demikian, ternyata mimisan bisa membuat anak merasa trauma.

Nah, agar si kecil tak trauma, berikut ini ada beberapa tips pertolongan pertama yang perlu dilakukan. Yang pertama jangan terlihat panik di depan si kecil. Setelah itu tenangkan anak dan katakan bahwa ini hal yang lumrah terjadi.

Setelah itu lakukan tindakan-tindakan yang diperlukan. Saat mimisan dan posisinya sedang duduk, coba tutup lubang hidungnya dengan jari, sapu tangan, atau penyeka wajah. Cubit bagian terbawah dari hidung menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Pastikan pegangan atau cubitan cukup erat tapi jangan sampai si kecil kesakitan. Lakukan selama kurang lebih sepuluh menit.

Setelah pendarahan berhenti, sampaikan pada si kecil bahwa ia harus istirahat dulu dan tidak bergerak terlalu aktif. Jika mimisan tetap terjadi setelah pertolongan pertama diberikan lebih baik bawa langsung si kecil ke dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading