Sukses

Parenting

5 Fakta unik tentang bayi baru lahir yang harus orangtua ketahui

Fimela.com, Jakarta Kelahiran seorang bayi di sebuah keluarga tentunya selalu mampu membawa warna baru di keluarga tersebut. Wajah dan tubuh mungil bayi, pesonanya yang menggemaskan dan pembawaannya yang tenang bisa membuat orang-orang di sekitarnya begitu bahagia.

Bicara mengenai bayi baru lahir, melansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa fakta unik tentang bayi baru lahir. Perihal fakta ini, orangtua bayi khususnya sang ibu baru mungkin juga tidak mengetahui akan fakta ini. Apa saja fakta tersebut?

Bayi baru lahir memiliki tanda lahir

Umumnya bayi yang baru lahir memiliki atau membawa tanda lahir di tubuhnya. Tanda lahir itu sendiri bermacam-macam bentuk, warna dan ukurannya. Biasanya, tanda lahir ini akan menghilang dengan sendirinya ketika bayi beranjak dewasa.

Bayi lahir memiliki 300 tulang

Tidak seperti orang dewasa, bayi baru lahir memiliki tulang yang lebih banyak yakni mencapai 300 tulang. Tulang-tulang ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usianya. Bayi memiliki banyak tulang lunak yang nantinya akan menyatu antara satu dengan lainnya. Bayi memiliki banyak tulang lunak untuk memudahkannya lahir atau ke luar dari vagina ibu.

Bayi baru lahir sudah bisa mendengar, mencium dan melihat

Rambut bayi baru lahir rontok

Saat lahir tubuh bayi ditumbuhi oleh rambut-rambut halus. Rambut ini sering disebut sebagai lanugo. Seiring dengan berjalannya waktu, rambut halus di tubuh bayi akan rontok dan benar-benar hilang tidak lama kemudian.

Feses pertama bayi baru lahir berwarna hitam kehijauan

Feses pertama dari bayi lahir terdiri dari zat lengket gelap bernama mekonium. Umumnya, feses pertama ini berwarna hitam kehijauan. Ibu tak perlu khawatir, ini aman dan seiring dengan berjalannya waktu warna feses bayi akan berwarna normal.

Bayi baru lahir sudah bisa mendengar, mencium dan melihat

Meski pendengaran, penciuman dan penglihatan bayi baru lahir belum sepenuhnya sempurna, ia sudah bisa mengenali suara sang ibu atau suara lain yang sering didengarnya di kandungan. Penciuman dan penglihatannya juga sudah berfungsi dan akan terus berkembang seiring dengan pertambahan usianya.

Itulah sedikitnya 5 fakta unik tentang bayi baru lahir. Selain fakta di atas, ada fakta lain dari bayi lahir yang antaranya bayi lahir belum memiliki tempurung lutut, bayi baru lahir akan minum ASI setiap 3 sampai 4 jam, bayi baru lahir menghabiskan banyak waktunya untuk tidur dan bayi baru lahir membutuhkan tubuhnya selalu hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading