Sukses

Parenting

5 Tips Mendidik Anak Agar Bisa Selalu Bahagia dan Tidak Gampang Stres

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak agar selalu bahagia tidak selalu harus selalu memberinya kemewahan dan kemudahan. Malah kalau terlalu memanjakannya, dia akan kesulitan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri di masa depan. Kedengarannya memang agak tricky, ya.

Memberikan masa kecil yang bahagia sangat penting agar anak nanti bisa tumbuh jadi orang sukses dan tidak gampang stres. Sebagai orangtua, kita bisa melakukan sejumlah cara untuk mendidik anak agar bisa jadi anak yang bahagia. Selengkapnya, yuk simak infonya di sini.

1. Ajak bermain di luar ruangan

Berlarian di lapangan, main ayunan, main jungkat-jungkit, hingga main lumpur bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Dilansir dari verywellfamily.com, ada penelitian yang menyebutkan bahwa aroma dari alam, seperti aroma pohon pinus, dan rerumputan bisa meningkatkan suasana hati anak. Sekadar piknik di taman dekat rumah atau mengerjakan PR di taman belakang rumah bisa jadi kegiatan yang menyenagkan untuk menjaga suasana hati si kecil bisa selalu bahagia.

2. Batasi penggunaan gadget

Saat sedang berkumpul atau melakukan kegiatan bersama, jangan disibukkan dengan gadget. Begitu pula saat mengerjakan PR, sebaiknya tak pakai gadget bila tak benar-benar diperlukan agar tidak ketergantungan. Kalau butuh gadget untuk belajar atau mengerjakan tugas, kita harus selalu mendampinginya.

3. Mengucap syukur bersama setiap hari

Mengucap syukur dari hati yang terdalam setiap hari bisa membantu anak jadi pribadi yang lebih sehat dan bahagia. Kita bisa mengucapkan syukur pada hal-hal sederhana yang kita alami setiap hari dengan anak. Dengan kebiasaan bersyukur ini, anak bisa mendapatkan rasa bahagia dan terlatih untuk selalu melihat sisi baik dari segala hal.

4. Jangan memenuhi semua permintaannya

Kalau kita terlalu memanjakan anak dengan selalu memenuhi permintaannya, nanti saat dewasa ia akan kesulitan untuk membedakan mana yang namanya hanya keinginan dan kebutuhan. Parahnya lagi, anak bisa tumbuh jadi pribadi yang matre saat konsep kebahagiaan yang dipahami adalah yang bisa diukur dengan uang atau materi. Anak pun perlu dilatih mengendalikan diri untuk tidak selalu memaksakan kehendaknya pada setiap hal.

5. Libatkan dalam kegiatan berbagi pada sesama

Berbuat pada sesama bisa membuat anak bahagia dan kebahagiaan yang mereka rasakan bisa membuat mereka jadi pribadi yang baik hatinya. Kebiasaan berbagi pada sesama yang dibangun sejak kecil bisa membuat mereka memiliki masa kecil yang bahagia dan berarti. Bahkan kebiasaan baik itu bisa terus terbawa hingga dewasa.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendidik anak agar bisa selalu bahagia. Yang tak kalah penting, kita juga perlu selalu meluangkan waktu melakukan kegiatan bersama si kecil dan mencurahkan kasih sayang kita padanya. Karena biasanya hal terpenting yang bisa membuat anak bahagia adalah saat dia bisa merasakan cinta yang tulus dari kedua orangtuanya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ayah dan Ibu Sama-Sama Bekerja, Apa Dampak Positifnya terhadap Anak?
Artikel Selanjutnya
Neglectful Parenting dan Efek Jangka Panjangnya pada Anak