Sukses

Parenting

5 Tips Merawat Payudara Selama Masa Menyusui

Fimela.com, Jakarta Hormon-hormon yang diproduksi tubuh saat hamil akan merangsang jaringan penghasil air susu pada payudara untuk berkembang dan pada akhirnya bisa memproduksi ASI. Setelah melahirkan, produksi ASI pun bisa meningkat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bayi.

Dilansir dari verywellfamily.com, selama masa menyusui, payudara akan mengalami sejumlah perubahan seperti terasa lebih besar, kenyal, dan ASI yang bocor atau merembes. Dan semua itu masih dalam tahap normal. Namun, untuk meningkatkan kenyamanan selama masa menyusui, ada sejumlah tips yang bisa kita lakukan untuk merawat payudara selama masa menyusui.

1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum menyentuh payudara

Sebelum menyentuh payudara, tangan harus dalam keadaan bersih. Selalu cuci tangan terlebih dahulu sebelum mulai menyusui. Dan sebaiknya jangan berlebihan menggunakan sabun untuk membersihkan payudara karena dikhawatirkan bisa menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar Montgomery yang ada di sekitar puting payudara.

2. Kenakan bra khusus menyusui

Sudah banyak bra khusus menyusui yang dijual di pasaran. Kita bisa memilih yang berbahan katun dengan tali penyangga yang cukup lebar untuk memberi kenyamanan yang kita butuhkan.

3. Susui bayi setiap 2-3 jam

Dengan menyusui bayi secara rutin, sekitar setiap 2 hingga 3 jam sekali. Dengan menyusui bayi secara teratur seperti ini, kita bisa terhindar dari sejumlah masalah, seperti penyumbatan saluran air susu, mastitis (peradangan pada jaringan payudara), nyeri puting, dan nyeri payudara. Produksi ASI pun bisa lebih lancar dengan kita selalu rutin memberikan ASI pada si kecil.

4. Ganti breast pad secara rutin

Biasanya untuk mencegah ASI merembes dan membasahi pakaian luar, kita akan mengenakan breast pad. Breast pad umumnya terbuat dari kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang. Kalau menggunakan breast pad, pastikan selalu menggantinya secara rutin. Kalau sudah terlalu basah, sebaiknya segera dibersihkan dan dicuci.

5. Raupkan sedikit ASI pada area sekitar puting payudara

Setelah selesai menyusui bayi, kita bisa meraupkan sisa ASI yang menetes pada permukaan kulit sekitar puting dan areola. Lalu biarkan, tujuannya untuk menjaga kulit tetap lembap dan tidak gampang kering.

Kalau payudara terasa nyeri selama masa menyusui, kita bisa mengompresnya dengan kompres dingin atau daun kol dingin untuk meredakan nyerinya. Serta periksakan diri secara rutin ke dokter untuk mencegah masalah atau gangguan kesehatan selama masa menyusui.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading