Sukses

Parenting

5 Alasan Perlu Mengizinkan Anak Main Berantakan

Fimela.com, Jakarta Saat melihat anak mainnya berantakan, kadang kita langsung teriak dan marah-marah. Meski kita tetap perlu pentingnya membereskan semua barang setelah bermain, tapi sesekali kita perlu mengizinkan anak untuk main berantakan.

Dilansir dari crystalandcomp.com, dipaparkan sejumlah alasan kenapa kita perlu mengizinkan anak main berantakan. Ada hal-hal positif yang bisa diperoleh anak dari kondisi bermain mereka yang berantakan.

1. Meningkatkan kepekaan indera

Saat anak main berantakan dan kotor-kotoran, kelima inderanya akan distimulasi jadi lebih peka. Kemampuan anak untuk menyentuh, merasa, mencium bau, hingga mengobservasi hal-hal di sekeliling mereka akan meningkat.

2. Merangsang rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu anak bisa meningkat saat mereka bermain di kondisi yang berantakan atau kotor. Hal ini pun bisa membantu mereka untuk terpacu menambah wawasan dan ilmu baru yang penting untuk tumbuh kembang mereka.

3. Meningkatkan kemampuan motorik

Anggota badan anak bisa dirangsang bergerak aktif saat main berantakan. Di sini pun kemampuan motorik anak bisa meningkat secara signifikan.

4. Meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata

Kemampuan spasial anak bisa meningkat. Hal ini pun bisa membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata mereka.

5. Meningkatkan kreativitas

Saat bermain, anak juga bisa sekaligus belajar dan meningkatkan daya kreativitasnya. Ketika si kecil bersenang-senang dan mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya, mereka juga dirangsang untuk melakukan dan menciptakan hal-hal baru dengan kreasi mereka sendiri.

Selama anak bisa terus didampingi dan diarahkan untuk bermain dengan cara yang kreatif, maka kondisi berantakan tak perlu terlalu dipermasalahkan. Yuk, ajak si kecil bermain dan bersenang-senang sekarang.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading