Sukses

Parenting

Miyabi Ada Dalam Soal UAS, Bagaimana Ceritanya?

Anak-anak telah usai mengikuti Ujian Akhir Sekolah. Kini mereka tinggal menunggu rapor dibagikan. Lalu apa yang tersisa dari UAS mereka yang minggu kemarin? ternyata banyak materi yang isinya bisa dibilang 'tidak pantas' untuk dijadikan soal UAS. Beberapa pihak menemukan berbagai materi soal yang seharusnya tidak dimasukkan ke dalam materi UAS.

Salah satu di antaranya adalah soal UAS bahasa Indonesia yang berisi : Upaya KPK menyita mobil mewah mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, kemarin gagal. Kalimat tersebut dapat diringkas dengan menghilangkan pernyataan di bawah ini, kecuali; a. Menyita mobil, b. Luthfi Hasan Ishaaq, c. Kemarin, d. Mantan, e. Gagal. Soal ini sempat mendapatkan kritik dari pihak PKS dan mengatakan bahwa soal seperti ini tidak pantas dan menyinggung pihak PKS.

Tidak hanya soal di atas, ada beberapa soal yang tidak sesuai lagi seperti contoh gambar yang mengambil gambar Miyabi (pemain film porno dari Jepang) pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Inggris kelas III SMP di sejumlah sekolah di Jawa Timur. Ada juga materi cerita untuk anak Sekolah Dasar yang berjudul 'Bang Maman dari Kali Pasir' yang isinya menceritakan istri simpanan. Hal ini tentu tidak mendidik bagi anak-anak.

Soal-soal ujian dan isi dari materi pelajaran seharusnya benar-benar diperhatikan oleh pembuat soal dan diseleksi dahulu oleh Dinas Pendidikan. Hal ini guna menghindari munculnya soal atau materi yang tidak sesuai untuk anak-anak sekolah baik jenjang SD, SMP ataupun SMA. Seharusnya membuat soal tidak perlu menyangkut sesuatu yang sensitif seperti kasus PKS atau Miyabi. Cukup gunakan berita-berita umum yang pasti banyak dan bisa didapatkan melalui media cetak ataupun online.

BACA JUGA

Punya Anak Agresif? Mungkin ini Penyebabnya!

Biar Tidak Pikun, Dengarkan Musik Sebelum Tidur

Curhat Pria: Saat Aku Jadi Ayah

Aneh, Remaja Laki-Laki di Chicago Hamil

(vem/Sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading