Sukses

Parenting

Yang Harus Dilakukan Saat Bayi Demam

Bunda, ternyata saat bayi demam, kebutuhannya akan cairan semakin meningkat. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk memberinya banyak minum. Jadi mulai sekarang, jika bayi Anda demam, jangan langsung panik ya Bunda, cukup berikan dia minum dan melakukan hal-hal berikut ini.

Perhatikan suhu tubuhnya

Jika suhu tubuh bayi Anda melebihi 38 derajat Celsius dan belum melebih 41 derajat, itu berarti demam yang dialami bayi Anda masih normal. Sedangkan jika melebihi, Anda perlu segera membawanya ke dokter karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala dari suatu penyakit.

Perhatikan aktivitasnya

Jika putra-putri Anda masih bisa melakukan aktivitas normal seperti biasanya meskipun sedang demam, maka Anda tak perlu terlalu khawatir. Sedangkan jika ia menjadi lemas dan tidak mampu beraktivitas, Anda disarankan untuk memeriksakannya pada dokter.

Perhatikan selimut dan bajunya

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Anda tidak menyelimutinya terlalu rapat dan pastikan selimutnya berbahan tipis. Selain itu, sebaiknya Anda memakaikan baju yang nyaman, seperti baju yang berbahan katun karena bisa menyerap keringat.

Atur suhu ruangan

Langkah selanjutnya yaitu mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Bila perlu, Anda bisa menggunakan kipas angin untuk melancarkan sirkulasi udara agar ruangan tidak pengap.

Mandikan dengan air hangat

Jika dirasa anak perlu untuk mandi, mandikan dengan menggunakan air hangat dan pastikan suhunya tidak melebihi suhu tubuh putra-putri Anda. Ada baiknya jika Anda memberi obat penurun demam terlebih dahulu sebelum memandikannya.

Jangan mengompres dengan air es maupun alkohol

Mengompres menggunakan air es dapat menurunkan suhu kulit dan membuat anak menggigil. Hal ini akan membuang energinya dan membuatnya menjadi lemas. Jangan juga mengompres dengan alkohol karena uapnya yang terhirup oleh anak Anda dapat mengakibatkan gangguan pernapasan. 

Nah, Bunda, dengan memperhatikan hal-hal di atas, kini Anda tidak perlu terlalu cemas dan panik jika putra atau putri Anda mengalami demam.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading