Sukses

Parenting

Sebenarnya Apa Penyebab Ngidam pada Ibu Hamil?

Fimela.com, Jakarta Saat hamil, nafsu dan kebiasaan makan bisa berubah. Bahkan mungkin jadi menginginkan makanan yang terbilang tak biasa. Kondisi ini pun dikenal dengan sebutan ngidam.

Ibu hamil bisa punya kebiasaan ngidam yang berbeda-beda. Ada yang makin sering makan yang manis-manis. Tak jarang ada yang makin sering ingin makan yang asam-asam. Tapi sebenarnya apa sih penyebab ngidam pada ibu hamil?

Seperti yang dilansir dari obgynwc.com, penyebab ngidam ini tak diketahui secara pasti. Hanya saja teori yang paling kuat soal penyebab ngidam ini adalah karena berkaitan dengan nutrisi yang sedang dibutuhkan oleh tubuh. Ngidam adalah sinyal bahwa tubuh kita sedang butuh nutrisi tertentu.

Untuk perkara ngidam makanan yang aneh-aneh, hal ini bisa disebabkan karena pengaruh hormon. Saat seorang perempuan hamil, cara kerja indera penciuman dan perasa bisa berbeda dari biasanya. Hal ini pun memengaruhi nafsu makan atau keinginan makan.

Saat muncul hasrat ngidam, penting untuk tetap memperhatikan kebutuhan dan kondisi tubuh. Selalu pastikan apa yang kita konsumsi memang sehat dan baik untuk tubuh serta janin.

  • Ketika ingin makan cokelat, ini bisa jadi sinyal tubuh sedang membutuhkan magnesium. Kita bisa mencoba mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah pisang sebagai alternatif yang lebih sehat.
  • Ketika ingin makan yang manis-manis, tubuh mungkin sedang membutuhkan sejumlah nutrisi seperti kromium, karbon, fosfor, belerang atau triptofan. Coba konsumsi daging ayam, brokoli, keju, dan buah-buahan segar untuk memberikan nutrisi yang lebih baik pada tubuh.
  • Kalau ingin makan yang asin-asin, bisa jadi tubuh sedang butuh klorida. Alternatif makanan yang lebih sehat untuk dikonsumsi, antara lain tomat, seledri, dan kacang-kacangan.
  • Bila ingin makanan yang berkabohidrat, ini bisa jadi sinyal tubuh sedang membutuhkan nitrogen. Coba konsumsi makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, chia seeds, daging, dan tahu untuk memenuhi nutrisinya.
  • Kalau sedang ingin makanan yang berminyak, ada kemungkinan tubuh membutuhkan kalsium. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, susu, dan keju bisa memberi manfaat yang lebih sehat untuk tubuh.

Ngidam bisa jadi hal yang terbilang normal pada ibu hamil. Tapi kita tetap perlu hati-hati tiap kali hasrat untuk ngidam muncul, selalu pastikan makanan yang kita konsumsi baik untuk kesehatan tubuh serta bayi yang kita kandung ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading