Sukses

Parenting

Fenomena Alam, Bayi Terlahir Dengan Masih Terbungkus Kantung Ketuban

PERINGATAN:

Kami mohon maaf apabila gambar yang ada di dalam artikel ini membuat Anda merasa tidak nyaman. 

***

Sebuah proses kelahiran ditandai dengan pecahnya kantong ketuban pada ibu. Namun ketika kantung ketuban itu tak pecah sama sekali, ini adalah kejadian yang sangat langka terjadi dan menunjukkan kebesaran Sang Pencipta.

Hal ini terjadi pada sekitar pertengahan tahun lalu, dilansir dari Dailymail.. Seorang dokter terhenyak tatkala ia membantu proses persalinan dan mengetahui bahwa bayi yang dilahirkan ini masih terbungkus kantung ketuban. Dr Aris Tsigiris pun mengabadikan momen kelahiran itu dalam sebuah foto.

Photo copyright Dailymail.co.uk/Facebook/Aris Tsigiris

Kelahiran seperti ini disebut kelahiran en caul, sebuah kondisi di mana bayi prematur terlahir dengan perlindungan kantung ketuban untuk menghindari tekanan di dalam rahim. Dr Tsigiris sendiri mengatakan bahwa ia kagum sendiri dengan persalinan yang ia lakukan ini.

Hal ini termasuk salah satu fenomena alam yang langka yang hanya terjadi pada 1 banding 80.000 kelahiran di dunia. Meski tampak tak bernafas di dalam ketuban itu, namun Dr Aris mengatakan bahwa bayi itu masih hidup dan menerima makanan serta oksigen dari dalamnya.

Bayi ini akan bernafas lagi ketika kantung ketuban itu mulai pecah, atau dipecah dengan menggunakan teknik operasi oleh tim medis. Salah satu selebritis terkenal yang pernah mengalami fenomena ini adalah Jessica Alba.

Jessica Alba menamai anaknya Haven, karena lahir dengan kondisi terlindung kantung ketuban utuh | Photo copyright Dailymail.co.uk

Saat itu ia melahirkan anaknya yang bernama Haven dengan kejadian yang sama. Dokter dan perawat yang membantunya melahirkan juga seakan tak percaya dengan fenomena kelahiran bayi prematurnya yang masih terbungkus kantung pelindung ketuban itu.

Karena fenomena kelahiran itulah, bayi Jessica dinamai Haven yang terinspirasi dari istilah 'safe haven' yang artinya perlindungan atau tempat yang aman.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading