Sukses

Parenting

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Menjaga pola makan sehat adalah salah satu kunci utama tetap sehat selama kehamilan. Ada makanan yang sangat penting dan baik dikonsumsi ibu hamil. Tapi ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama menjalani masa kehamilan.

Seperti yang dilansir dri obgynwc.com, ada lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Untuk selengkapnya, langsung simak infonya di bawah ini.

1. Ikan yang mengandung merkuri

Ikan yang tinggi merkuri seperti ikan todak dan ikan makarel sebaiknya dihindari selama kehamilan. Bila bayi terpapar banyak kandungan merkuri, dia bisa berisiko mengalami kerusakan otak atau proses perkembangannya akan terhambat. Jadi harus lebih hati-hati ya, hindari jenis ikan yang kandungan merkurinya tinggi.

2. Telur mentah

Yang dikhawatirkan dari telur mentah adalah paparan salmonella. Salmonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk tongkat yang bisa menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne. Aneka makanan yang mengandung telur mentah sebaiknya dihindari selama kehamilan karena bisa mengancam kesehatan janin dalam kandungan.

3. Hasil laut yang diasap

Yang dikhawatirkan dari hasil laut yang diasap adalah kandungan bakteri listeria. Listeria bisa menyebabkan demam, nyeri otot, mual, dan diare. Dalam kasus yang lebih parah, infeksinya bisa menjalar hingga sistem saraf dan menyebabkan sakit kepala, otot leher kaku, dan gangguan kesehatan lainnya. Jadi harus sangat berhati-hati bila memilih hasil olahan laut yang diasap ini, ya.

4. Hasil produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan. Selama hamil, pastikan semua produk olahan susu yang dikonsumsi sudah dipasteurisasi agar terhindar dari ancaman bakteri listeria yang berbahaya.

5. Daging setengah matang

Bila mengonsumsi daging, pastikan sudah diolah atau dimasak sampai benar-benar matang. Daging setengah matang atau yang belum matang sempurna bisa jadi mengandung toxoplasma gondii yang dapat meningkatkan risiko muntah hingga risiko keguguran.

Intinya setiap makanan yang dikonsumsi selama hamil harus benar-benar bernutrisi dan bebas dari bakteri. Semoga info ini bisa jadi salah satu referensi kita untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat selama kehamilan, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading