Sukses

Parenting

Hati-Hati, Makanan Beku Siap Saji Bisa Jadi Sarang Penyakit

Dengan alasan padatnya kesibukan dan ingin mendapat kemudahan, banyak orang tua yang membuatkan putra-putri mereka makanan yang instan. Beberapa makanan cepat saji yang menjadi favorit adalah nugget dan sosis yang dibekukan. Hal ini memang baik agar makanan lebih awet seperti dibahas dalam artikel sebelumnya.

Tapi tahukah Anda, Bunda, bahwa makanan beku cepat saji ternyata dapat membahayakan kesehatan sang buah hati? Untuk ulasan lebih selengkapnya, dr. Handris Yanitra dari MeetDoctor.com akan menjelaskan lebih rinci untuk Anda.

Tempat berkembang biak bakteri

Pada tahun 2012, terdapat penelitian yang menemukan bahwa makanan yang dibekukan untuk menjaganya tetap awet, dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri Listeria monocytogenes dan Salmonella enterica. Kedua bakteri ini adalah bakteri yang paling sering ditemukan pada daging dada ayam mentah.

Karena kedua bakteri tersebut dapat berkembang dengan pesat pada makanan, terutama daging dan produk susu, bakteri-bakteri inilah yang paling sering menimbulkan penyakit pada manusia. Tak hanya itu, kabarnya bakteri-bakteri ini bisa bertahan bahkan bertambah banyak meskipun ditempatkan dalam kulkas maupun freezer.

Bahaya bakteri Listeria monocytogenes

Jenis bakteri ini patut diwaspadai karena dapat menyerang siapapun dari berbagai usia, bahkan termasuk ibu hamil dan menyusui. Penyakit yang disebabkan bakteri ini bernama listeriosis yang memiliki gejala nyeri otot, demam, serta terkadang disertai dengan diare.

Bagi para ibu hamil, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih asupan makanan karena bakteri ini bisa menyerang janin Anda. Makanan yang biasanya menjadi markas bakteri ini seperti daging atau sayuran mentah, susu dan keju yang masih mentah atau belum melalui proses pasteurisasi, atau makanan olahan yang siap saji. 

Bahaya Salmonella enterica

Penyakit yang disebabkan bakteri ini disebut penyakit salmonellosis yang gejalanya meliputi diare, kram perut, dan mual-muntah. Makanan yang menjadi tempat favorit bagi bakteri ini ternyata adalah ayam dan telur.

Selain itu, menurut penelitian lain, bakteri ini merupakan bakteri yang paling sering menimbulkan penyakit dan menambah panjang daftar pasien rawat inap di rumah sakit di Amerika.

Mulai sekarang, ada baiknya lebih berhati-hati dan bijak dalam memilih makanan ya, Bunda. Jangan sampai keinginan mendapatkan kemudahan justru membuat kesehatan keluarga terkorbankan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi!

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading