Sukses

Parenting

Anak Mulai Bicara, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

Ketika anak sudah mulai bisa mengeluarkan suara, ia akan membuat "bahasa" yang hanya bisa ia gunakan dan mengerti sendiri. Belajar bahasa bisa berlangsung sepanjang hidup. Sebagai orang tua, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan perlu lakukan ketika anak Anda sudah mulai bisa berbicara. Berikut beberapa langkah mudah, yang diambil dari Hanen.org, yang bisa Anda lakukan untuk menunjang perkembangan kemampuan berbahasa anak Anda.

Pertama, Anda perlu menanggapi hal yang sedang dirasakan atau diutarakan oleh anak Anda. Misalnya, ketika anak Anda berceloteh tentang mainan yang sedang dimainkannya, Anda bisa ikut bergabung memainkan mainan tersebut dan menceritakan sejumlah hal yang berkaitan dengan mainan tersebut. Setiap anak memiliki keunikan dan kemampuan bahasa tersendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah terus mendampingi anak Anda dan pantau terus setiap perkembangannya.

Kedua, Anda bisa memperkenalkan kata-kata pendek yang paling mudah untuk diucapkan. Beberapa kata seperti mama, pipi, dan dada bisa dengan mudah diucapkan oleh anak-anak. Usahakan untuk sekaligus memperlihatkan benda atau objek yang sedang diucapkan tersebut. Dengan begitu, anak bisa langsung mengerti kata yang diucapkan dan makna atau arti kata tersebut.

Ketiga, setelah anak Anda sudah bisa mengeluarkan kata-kata pendek, Anda bisa mulai dengan menggabungkan sejumlah kata pendek menjadi satu kalimat. Satu hal penting lagi yang perlu Anda perhatikan adalah setiap anak butuh proses untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Jadi, Anda tidak perlu memaksakan anak harus belajar dengan cepat dan mengikuti semua arahan Anda. Kesabaran adalah kuncinya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading