Sukses

Parenting

Bisa Jadi Anak Anda Terhambat Perkembangannya Karena Kesalahan Anda Sendiri

Orang tua memiliki peran yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak. Seperti yang dilansir oleh forbes.com, ada sejumlah perilaku orang tua yang bisa menghambat proses tumbuh kembang anak. Simak infonya berikut ini, siapa tahu Anda juga telah membuat kesalahan yang mengganggu perkembangan anak Anda sendiri.

Tidak Membiarkan Anak Mengambil Risiko
Sebagai orang tua, Anda mungkin memang ingin anak Anda selalu berada dalam kondisi aman. Tak heran jika Anda selalu mengutamakan kenyamanan untuk anak Anda dan tidak memperbolehkan anak Anda untuk, misalnya, bermain di luar karena terlalu berisiko. Sejak dini, Anda sebaiknya sudah memperkenalkan risiko-risiko yang mungkin dihadapi oleh anak Anda. Jika anak Anda tidak pernah memiliki keberanian untuk mengambil risiko sejak dini, ia akan tumbuh dengan rasa percaya diri yang rendah dan sifat arogan yang tinggi.

Terlalu Cepat Memberi Bantuan
Ketergantungan adalah hal yang akan melemahkan mental anak Anda. Jika Anda tidak pernah memberi anak Anda kesempatan untuk belajar mengatasi masalahnya sendiri, anak Anda akan tumbuh tanpa kepercayaan diri yang baik. "Jika aku gagal atau terjatuh, orang dewasa akan memperbaiki segala sesuatunya dan menanggung semua akibat kesalahanku," itulah yang mungkin tertanam di pikiran anak Anda jika Anda tidak pernah membiasakan anak Anda untuk menghadapi masalah dan mengatasinya sendiri.

Terlalu Mudah Memaafkan
Hanya karena yang berbuat kesalahan adalah anak Anda sendiri, bukan berarti Anda bisa dengan mudah memberi maaf. Sejak dini, Anda perlu membiasakan untuk mengajarkan hal yang benar dan salah dengan tepat kepada anak Anda. Jika Anda selalu membuat segala sesuatunya boleh untuk anak Anda, anak Anda bisa jadi kehilangan rasa objektivitas dalam dirinya. Akibatnya, ia bisa memiliki kecenderungan untuk berbuat curang atau berbohong.

Tidak Melakukan Hal yang Diucapkan
Orang tua adalah panutan pertama anak. Sebagai orang tua, Anda harus bisa memberikan contoh yang baik. Anda harus melakukan apa yang Anda ucapkan. Misalnya, jika Anda ingin Anda anak keranjingan membaca, Anda juga harus menjadi seorang yang gemar membaca terlebih dahulu. Anak-anak akan dengan mudah meniru perbuatan yang dilakukan oleh orang terdekat mereka, yaitu orang tua.

Sebagai orang tua, apakah Anda pernah melakukan hal-hal tersebut? Atau mungkin Anda punya pengalaman tersendiri dalam membantu proses tumbuh kembang anak Anda?



 (vem/nda)
What's On Fimela
Loading