Sukses

Parenting

Ternyata Bayi Mengenal Tentang Baik-Buruk Sejak Lahir

Salah satu tugas orangtua adalah memperkenalkan tentang baik-buruk kepada anak sedini mungkin sebagai bekal hidup di masa depan. Tapi tahukah Anda bahwa pengetahuan moral ternyata telah dibawa manusia sejak lahir?

Dilansir dari newscientist.com, moralitas yang juga meliputi tentang pengetahuan baik-jahat telah melekat dalam diri bayi semenjak mereka lahir. Hal ini dilakukan dengan percobaan pertunjukan boneka terhadap bayi berusia 3 bulan. Tokoh yang berkarakter baik diperhatikan oleh sang bayi lebih lama daripada tokoh jahat.

Paul Bloom, seorang psikolog dalam bukunya yang berjudul Just Babies menolak anggapan bahwa manusia lahir seperti sebuah kanvas yang kosong. "Kita memiliki pengetahuan moral bawaan yang meliputi moralitas dalam hal-hal yang umum. Ketika kita bertumbuh, moralitas itu akan mengalami evolusi," ujarnya.

Dalam penelitiannya, Paul Bloom mengatakan bahwa kita tidak dilahirkan rasis terhadap orang lain. Penelitiannya terhadap anak-anak berusia 3 tahun menemukan bahwa ras tidak berpengaruh pada pemilihan teman bermain.

Wah, ternyata apa yang kita serap pada lingkungan sekitar kita selama hidup lah yang mempengaruhi cara kita berperilaku dan berpikir ya, Ladies. Bagaimana pendapat Anda tentang penelitian ini?

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading