Sukses

Parenting

Wah, Gadis Kecil Ini Tidak Bisa Berhenti Makan Karpet dan Sofa

Gangguan makan yang dapat terjadi pada anak memang beragam. Banyak anak-suka memilih-milih makanannya atau lebih suka bermain daripada harus mengahabiskan makanannya di meja makan. Namun, taukah Anda, ladies? Ada juga gangguan makan yang aneh dan juga berbahaya yang dapat terjadi pada anak-anak.

Gangguan makan yang sangat langka dan aneh dialami oleh seorang gadis kecil asal Inggris bernama Charlotte Cook. Bayangkan, gadis yang berwajah imut ini tak bisa berhenti untuk makan karpet dan sofa yang ada di rumahnya. Dilansir mirror.co.uk, kebiasaan aneh bocah berusia 4 tahun ini tentu membuat orangtuanya kebingungan. Ibunya khawatir kebiasaan Charlotte ini dapat membunuhnya.

Charlotte mengalami autisme dan gangguan makan aneh yang disebut pica. Pica yang dialami gadis kecil ini terbilang aneh dan langka, yang membuatnya sealu ingin memakan benda yang terbuat dari kain atau benang.

Ibunya Nikki, 42 sangat khawatir dengan keadaan putri kandungnya itu. Dia khawatir anak kesayangannya ini akan tersedak dan tidak bisa bernafas pada saat dia tidur. Kekhawatiran ini kerap menghantuinya setiap hari.

Keanehan pada Charlotte mulai terlihat saat dia masih berusia satu tahun, saat dia berusaha memakan keset yang terdapat di depan kamarnya. Gejala autisme yang dialaminya juga muncul di waktu yang sama. Orangtuanya berusaha menyelesaikan masalah dengan membuang keset itu, namun Charlotte malah berusaha memakan karpet bahkan sofa yang ada di rumah mereka.

Boneka anjing milik Charlotte - copyright dailymail.co.uk

Nikki mengatakan kebiasaan Charlotte ini sudah menjadi candu bagi putrinya itu, dia memakan apa saja yang terbuat dari bahan kain atau bulu. Dia bahkan pernah mencoba memakan boneka anjing kesayangannya. Yang mengkhawatirkan, Charlotte sangat sulit untuk makan makanan manusia normal, dia lebih suka untuk mengunyah karpet atau sofa.

Beberapa cara sudah dilakukan Nikki untuk mengurangi kebiasaan putrinya yang aneh itu. Dia sudah mencoba menaburi karpet dengan bubuk cherry atau rasa yang tidak disukai Charlotte. Namun semua cara yang dicobanya tidak berhasil. Seorang ahli berkata bahwa tidak ada cara lain selain menyingkirkan semua benda yang dapat dimakan Charlotte dari rumahnya. Tetapi, cara itu nampaknya tidak mungkin dilakukan.

Pica adalah gangguan makan aneh yang dapat dialami anak-anak, ibu hamil, atau penderita penyakit mental dan autisme. Umumnya penderita pica suka memakan benda yang tidak wajar seperti tanah liat, kapur, atau bahkan kain. Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pencernaan hingga keracunan.Penderitanya juga beresiko kekurangan gizi karena tidak suka makanan normal. Pada sebagian besar kasus, gangguan ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa tahun.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading