Sukses

Parenting

Mengakali Balita Yang Rewel dan Pemilih Soal Makan

Bila si kecil rewel dan pemilih sekali dalam hal makanan tentunya mendatangkan problem tersendiri ya. Apalagi yang ia inginkan hanya biskuit atau makanan manis-manis lain seperti ice cream atau permen. Ahhh... rasanya pusing deh memikirkannya.

Anak rewel dalam hal makanan sebenarnya bukan masalah yang baru. Nyaris setiap ibu akan mengalami fase ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah lebih telaten dan tricky mengatur strategi.

Seperti dilansir BabyCenter.com, berikut adalah tips mengakali balita yang picky eater.

Ala bento

Sisihkan waktu untuk mengemas makanan si kecil secantik mungkin. Bila perlu, beli box bento atau box makan lucu khusus untuknya agar nafsu makan meningkat. Anda bisa menghias aneka makanan dengan food pick lucu.

Cermat memilih makanan

Tidak perlu memaksa anak memakan semua sayur atau buah, namun perkenalkan ia pada satu per satu sayur dan buah sehingga ia bisa tahu mana buah dan sayur yang rasanya enak. Di tahap ini pula Anda bisa mengajarkan anak mencintai sayur dan buah.

Siapkan snack

Jangan sampai si kecil rewel, siapkan snack terlebih dahulu untuk merangsang nafsu makan. Tidak harus snack berupa kue kering, Anda bisa menghiasnya dengan buah segar sebagai selingan.

Perhatikan porsinya

Salah satu hal yang menyebabkan si kecil rewel dalam makan adalah terlalu kenyang. Orang tua cenderung sering memaksa anak makan dalam porsi terlalu banyak sehingga ketika datang waktunya makan, ia jadi enggan. Siapkan saja porsi yang kecil, apabila ia lapar ia akan meminta Anda menyiapkan porsi lainnya.

Penampilan makanannya

Penampilan makanan itu penting bagi anak untuk menimbulkan selera makan. Inilah sebabnya Anda juga harus sedikit repot mix match aneka warna makanan sehingga anak jadi tertarik.

Pastikan ia makan di meja makan

Pentingnya makan di meja makan adalah fokusnya tidak akan terganggu oleh hal lain yang dapat menghilangkan nafsu makannya. Jangan biarkan ia makan sambil menonton televisi atau bermain. Biarkan ia benar-benar tahu dan menikmati apa yang sedang ia makan.

Dengan ketelatenan dan kesabaran ibu, anak-anak tentu akan menjadi anak yang sehat dan doyan makan. Yuk tetap semangat dan mencoba membujuk si kecil lagi.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading