Sukses

Parenting

HypnoBirthing: Inikah Solusi Para Ibu Agar Bisa Melahirkan Tanpa Merasakan Sakit?

Hampir semua ibu hamil (apalagi yang baru pertama kali hamil) memiliki ketakutan ini: takut dengan rasa sakit saat melahirkan. Menjadi ibu dan memiliki buah hati adalah sebuah fase yang paling menakjubkan yang pernah dimiliki oleh seorang wanita. Tapi kita juga tak bisa memungkiri bahwa rasa sakit akan selalu ada saat melahirkan. Salah satu upaya yang ditempuh sebagian wanita agar bisa melahirkan tanpa rasa sakit adalah dengan HypnoBirthing.

Apa Itu HypnoBirthing?
Seperti yang dilansir oleh mom.me, HypnoBirthing adalah sebuah metode untuk menghipnotis diri sendiri dengan bantuan seorang profesional untuk bisa melewati rasa sakit dan stres saat melahirkan. Shelly Slocum seorang profesional dan instruktur HypnoBirthing bersertifikat menjelaskan bahwa HypnoBirthing merupakan program yang membantu para wanita untuk belajar cara agar rileks. Jadi ibu yang akan melahirkan akan memiliki keyakinan bahwa tubuh mereka memang bisa melakukannya dan dapat melahirkan dengan cara yang "indah" dan positif.

Apakah Hipnosis atau Meditasi Itu Efektif untuk Menghilangkan Rasa Sakit?
Shelly menjawab ya. Hypno sendiri merupakan bentuk relaksasi yang dipandu untuk bisa menahan rasa sakit dan juga bisa memrogram ulang cara kita berpikir tentang melahirkan. HypnoBirthing adalah usaha pemfokusan pada kata-kata positif dan membuat pikiran menjadi stabil. Sehingga tubuh tidak akan terlalu tegang dan rasa sakit pun bisa dikurangi.

Apa Tujuan Utama dari HypnoBirthing?
Tujuan dari HypnoBirthing ini adalah agar setiap wanita bisa berlatih relaksasi di rumah dan saat melahirkan. Di samping itu, agar sang suami juga bisa mengucapkan frase atau membacakan hal-hal yang bisa menenangkan untuk membantu sang istri bisa benar-benar mendapatkan relaksasi yang dibutuhkan.

Bagaimana Jika Harus Melahirkan dengan Operasi Caesar?
HypnoBirthing memang dirancang untuk bisa membantu wanita melahirkan dengan cara yang alami atau normal. Tapi terkadang kita tak bisa menghindari keputusan untuk melakukan operasi caesar demi kebaikan dan keselamatan sang ibu dan bayi yang dilahirkan. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah bahwa bayi pun bisa "memilih". Ia bisa memilih ingin dilahirkan dengan cara apa, baik secara normal atau melalui operasi caesar. Jadi, HypnoBirthing tetap bisa bermanfaat karena sang ibu bisa lebih mengontrol emosi dan mengurangi stres baik selama kehamilan maupun saat melahirkan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading