Sukses

Parenting

Si Kecil Masih Ngompol? Intip Tips Praktis Mengatasi Ngompol Berikut Ini

Si kecil sudah diajari toilet training, usianya pun sudah cukup untuk dapat pergi ke kamar mandi sendiri, tapi mengapa setiap malam ia masih ngompol juga ya? Hmm, apakah Bunda sedang mengalami hal di atas?

Mengompol adalah salah satu masalah yang banyak dialami anak-anak. Kebanyakan orang tua menganggap anak yang masih mengompol sebagai anak yang jorok dan malas. Padahal ada banyak penyebab yang memicu seorang anak mengompol sekalipun usianya telah cukup besar. Misalnya: sistem saraf anak yang belum cukup berkembang sehingga tak dapat mengendalikan kandung kemih, stress, cemas akan sesuatu atau justru kandung kemihnya yang bermasalah.

Beberapa langkah praktis ini dapat Anda praktekkan bersama si kecil untuk melatihnya berhenti ngompol pada waktunya, seperti yang dilansir oleh supernanny.co.uk:

  • Sebelum Anda memulai, jelaskan kepada si kecil bahwa Anda hanya mencoba untuk membantunya menyelesaikan masalah mengompolnya. Bukan untuk memerintahnya.
  • Hindari memberikan minum pada si kecil, minimal 1,5 jam sebelum tidurnya.
  • Melatih kekuatan kontrol kandung kemih. Caranya adalah dengan memberinya time dengan alarm dengan jangka waktu tertentu, misalnya per 1 jam sekali.
  • Tinggalkan lampu kecil untuk anak Anda sehingga saat malam hari ia tidak takut pergi ke toilet dalam kegelapan.
  • Setiap setelah anak membasahi tempat tidur, mintalah ia untuk membantu Anda membereskan seprai. Ingat, jangan membentak atau memarahinya ya, Bunda.

Jika mengompol berhubungan dengan stress terkait, misalnya masalah keluarga, pindah rumah atau anak mengalami bullying, cobalah untuk menyelesaikan masalah tersebut sebelum melatihnya berhenti mengompol. Jika mengompol terjadi berkelanjutan selama periode waktu tertentu, penting untuk memeriksakan si kecil ke dokter agar diketahui masalah medis apa yang dialaminya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading