Sukses

Parenting

5 Tips Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Tidur

Tahukah kapankah bayi memiliki wajah yang paling imut dan lucu? Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah saat ia sedang tidur. Wajah yang tenang dan terlelap memang terlihat sangat manis dan pastinya tidak membuat Anda gampang stres. Tapi, gimana kalau bayi tidak mau tidur?

Daripada uring-uringan atau malah mengomel ke bayi Anda, lebih baik Anda mengikuti lima tips mudah ini. Lima tips yang dilansir dari babysleepsite.com ini akan sangat membantu Anda untuk memastikan bahwa bayi Anda bisa tidur dengan nyenyak dan tidak mudah rewel lagi.

Pastikan Kamar Tidur Bayi Anda Memberikan Suasana Mengantuk
Jika Anda ingin bayi Anda merasa nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak, pastikan kamar tidur bayi Anda tenang dan bisa memberikan rasa nyaman untuk bayi. Agar bayi Anda bisa tidur di siang hari, tutup jendela dengan kelambu atau vertical blind agar tidak terlalu banyak cahaya yang masuk. Jangan sampai ada banyak suara yang masuk ke dalam kamar tidur bayi Anda.

Buat Jadwal Tidur Harian yang Pasti
Buatlah rutinitas yang sama untuk jam tidur bayi Anda. Misalnya, agar bayi Anda bisa selalu tidur malam hari pukul 9, pastikan Anda juga bisa mengondisikan diri Anda untuk menemaninya tidur. Jika sudah masuk jam tidur, jangan lagi mengajaknya main atau membuatnya melakukan aktivitas yang aktif. Lebih baik ajak anak Anda untuk melakukan kegiatan yang menenangkan dan bisa membuatnya mengantuk.

Perhatikan Jika Bayi Anda Sudah Mulai Terlihat Lelah
Bayi yang terlalu lelah biasanya akan lebih sulit untuk tidur. Jadi, perhatikan jika bayi Anda sudah terlihat lelah. Dengan begitu, Anda bisa mudah meninabobokannya dengan lebih mudah. Beberapa tanda bayi Anda sudah lelah antara lain mengucek-ucek matanya dan menguap.

Berikan "Jatah" Waktu Tidur
Bayi bisa tidur dengan waktu atau jam yang sangat lama. Dan hal ini bisa memberikan efek negatif. Jadi pastikan bahwa Anda memberi jatah waktu tidur untuk bayi Anda. Bayi yang berusia 0-4 bulan biasanya akan tidur 14-18 jam per hari. Sementara bayi yang berusia 4-12 bulan akan tidur 13-15 jam per hari. Sedangkan balita berusia 1 hingga 3 atau 4 tahun butuh 1-3 jam untuk tidur siang.

Tahu Waktunya untuk Menyerah
Jika selama satu jam mencoba untuk menidurkan bayi Anda tetapi bayi Anda belum juga tidur, Anda tak harus memaksanya. Anda bisa membiarkannya untuk bermain sendiri dengan tenang di kamarnya. Ketika ia sudah lelah, dia biasanya akan tidur dengan sendirinya.

(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Khawatir Jika si Kecil Bermain di Tempat Yang Kotor
Artikel Selanjutnya
Nezo Art: Bayi yang Sedang Tidur adalah 'Bahan Utamanya'